in

Awasi Pemilu 2024, Dr Rokhmad: Dibutuhkan Kapabilitas SDM Panwaslucam

BATANG (Jatengdaily.com) -Proses pelaksanaan Pemilu 2024 harus diawasi. Pasalnya pemilu yang momentum lima tahunan sangat penting dalam menentukan pemimpin bangsa.
Demikian dikatakan oleh Dosen STIE Semarang Dr Rokhmad Budiyono SPd MM, Sabtu (3/2/2024).

Dr Rokhmad mengatakan hal itu saat menjadi narasumber dalam acara yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu) Kabupaten Batang, bertajuk Konsolidasi kebijakan Bawaslu Kabupaten Batang dengan Panwaslucam se Kabupaten Batang,  dengan materi konsolidasi kebijakan bawaslu.

Menurutnya, dalam proses pelaksanaan pemilu tetap masih ada potensi berjalan tidak taat aturan. Oleh karena itu menurutnya, Bawaslu dan jajarannya sudah seharusnya hadir dalam mengawasi pemilu untuk memastilan berjalan sesuai aturan.

“Untuk mencegah terjadinya pelanggaran  agar proses dan hasilnya pemilu bisa dipertanggungjawabkan sesuai aturan yang ada, maka dibutuhkan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)   Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) se Kabupaten Batang,” jelas Dr Rokhmad yang juga Ketua Program Magister Manajemen (MM) STIE Semarang.

Peningkatan kapasitas SDM menurut lulusan Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) Unissula adalah melalui asset strategic intangible, yang diantaranya meliputi jaringan relasional, budaya masyarakat dan sumber hukum sebagai aset penting dalam pencegahan pelanggaran pemilu tersebut.

Peningkatan kapasitas SDM pengawas pemilu sangat penting, terutama dalam melakukan pencegahan pelanggaran demi suksesnya pemilu.

Adapun tugas panwaslu kecamatan intinya adalah melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran pemilu.

“Termasuk diantaranya mengidentifikasi dan memetakan potensi pelanggaran pemilu. Termasuk juga mengorganisasikan,  memantau dan mengevaluasi di wilayahnya, termasuk menerima dan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran pemilu. Serta berkordinasi dengan bawaslu kabupaten dan kota,” jelasnya. she

Written by Jatengdaily.com

FKUB Jateng Minta Agar Umat Beragama Tak Terbelah

FKUB Jateng Apresiasi Pemkot Semarang Intens Jaga Toleransi Antarumat Beragama