in

AXA Mandiri Gelar Literasi Kesehatan-Keuangan dan Pelestarian Lingkungan di Yogyakarta

Penyerahan polis asuransi mandiri mikro sejahtera kepada UMKM Mandiri Jogja Maraton. Foto: dok

YOGYA (Jatengdaily.com)-  PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) mengokohkan komitmennya untuk menerapkan prinsip Environment, Social and Governance (ESG) melalui rangkaian kegiatan yang mendukung pelestarian lingkungan hingga literasi kesehatan dan keuangan di Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 28 dan 29 Juni 2024, dimulai dengan penyerahan donasi komputer ke Pondok Pesantren setempat, literasi keuangan kepada UMKM lokal, penanaman pohon pewarna alami di area candi Prambanan, dan literasi kesehatan kepada Abdi Dalem keraton Yogyakarta.

“Rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial merupakan komitmen kami untuk senantiasa memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Kali ini di Yogyakarta, kami menyelenggarakan kegiatan yang menjangkau beragam segmen dan tahap kehidupan, dari santri-santri di pondok pesantren, wirausahawan, sampai dengan lanjut usia melalui edukasi mengenai Alzheimer’s. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam memberikan solusi perlindungan dan pengelolaan keuangan yang mencakup seluruh tahap kehidupan atau life stage masyarakat,” kata Handojo G Kusuma, Presiden Direktur AXA Mandiri.

Pada hari ini, AXA Mandiri menggelar kegiatan literasi keuangan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat dengan berbagi tips dan trik mengelola keuangan. AXA Mandiri berharap dapat membantu pelaku UMKM dalam memperkaya keahliannya dan mengelola keuangan dengan lebih baik lewat kegiatan ini. Selain itu, AXA Mandiri juga membagikan polis Asuransi Mandiri Mikro Sejahtera kepada pelaku UMKM yang hadir dalam acara tersebut. Asuransi Mandiri Mikro Sejahtera adalah produk perlindungan jiwa yang terjangkau dari AXA Mandiri dengan harga premi mulai dari Rp40 ribu/tahun.

“Melalui serangkaian kegiatan ini, UMKM sebagai tulang punggung perekonomian, menjadi lebih sehat dan memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik, sehingga dapat terlindungi dari risiko di masa mendatang yang bisa berdampak kepada produktivitas mereka,” tutur Chief Communication Officer AXA Mandiri, Atria Rai, Jumat (28/6/2024) dalam rilisnya.

Sebelumnya pada hari yang sama, AXA Mandiri memberikan donasi 40 personal computer (PC) ke Pondok Pesantren Al Ikhlas, Sleman, D.I Yogyakarta. Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Direktur AXA Mandiri Rudi Nugraha kepada pengasuh Pondok Pesantren Al Ikhlas, K.H. Abdulloh Khadziq Fauzan.

Pada tanggal 29 Juni 2024, AXA Mandiri juga akan melakukan penanaman 200 bibit pohon pewarna alami di area Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta. Penanaman bibit pohon di Candi Prambanan bertujuan untuk memitigasi dampak perubahan iklim dan mendukung program pemerintah dalam mewujudkan karbon netral di tahun 2060 serta sebagai simbol dari pewarna alami yang ramah lingkungan dalam produksi kain batik. Bibit pohon secang, jati, tarum, pinang, manggis dan rengat yang ditanam AXA Mandiri berasal dari donasi karyawan AXA Mandiri dalam kegiatan donor darah perayaan ulang tahun ke-20 AXA Mandiri Desember lalu.

Dengan kegiatan tersebut, AXA Mandiri menjadi perusahaan pertama yang melakukan penanaman bibit pohon pewarna alami di area candi Prambanan.
Merujuk pada artikel CNN pada tahun 2023, seperlima dari polusi limbah air di dunia berasal dari limbah pewarna tekstil . Dengan penanaman bibit pohon yang menghasilkan bahan pewarna tekstil alami ini, AXA Mandiri berharap dapat mendorong penggunaan pewarna alami, sehingga warisan budaya batik Indonesia dapat bermanfaat dalam melestarikan lingkungan.

AXA Mandiri tiada henti mengajak masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan dan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan menggelar literasi kesehatan untuk Abdi Dalem Keraton Yogyakarta tentang Demensia dan Alzheimer bekerja sama dengan Alzheimer Indonesia (ALZI) pada tanggal 29 Juni 2024. Melalui kegiatan ini, AXA Mandiri berupaya untuk meningkatkan wawasan komunitas Abdi Dalem sehingga dapat mengidentifikasi, mencegah, dan juga merawat Demensia dan Alzheimer’s yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Secara global, berdasarkan data World Health Organization (WHO), jumlah penderita Demensia akan meningkat 40% menjadi 78 juta jiwa pada tahun 2030. Seluruh kegiatan ini melengkapi rangkaian kegiatan Mandiri Jogja Marathon 2024 yang berlangsung pada hari Minggu (30/6/2024).

Selain menghadirkan solusi perlindungan untuk membantu masyarakat mengelola risiko keuangan, AXA Mandiri di juga secara aktif menerapkan inisiatif dan kegiatan yang memiliki dampak positif kepada sosial dan lingkungan. Sebagai contoh, AXA Mandiri telah menempatkan 100% dana General Account dengan prinsip Environment, Social and Governance (ESG) termasuk pada instrumen investasi ramah lingkungan atau Green Bond.

AXA Mandiri juga telah melakukan beragam inisiatif terkait ESG seperti melakukan penanaman lebih dari 4.200 bibit pohon bakau untuk melestarikan ekosistem pantai dan juga penyerapan emisi karbon. AXA Mandiri juga menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi kesehatan dan keuangan di sejumlah kota di Indonesia, dari Medan, Sumatera Utara, hingga Sorong, Papua, sebagai upaya untuk memberdayakan kemampuan masyarakat, khususnya dari segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola keuangan dan melindungi diri dari risiko kesehatan.

Selain itu, sepanjang tahun 2023 AXA Mandiri telah menggelontorkan dana sosial sebesar lebih dari Rp563 juta yang digunakan untuk pemberdayaan sosial, pelestarian lingkungan hidup, dan literasi keuangan.

Lewat inisiatif tersebut, AXA Mandiri telah menjangkau dan membantu 7.881 penerima manfaat. Salah satunya, menyalurkan bantuan kepada penderita kanker dari sebagian hasil penjualan asuransi penyakit kritis Asuransi Mandiri Secure CritiCare. she

Written by Jatengdaily.com

PLN Icon Plus Gelar Workshop di SMKN 1 Batang

Enervon Dorong Semangat Kolektif Indonesia: Gerakan #LevelUpwithEnervonActive untuk Kejar Ambisi & Mimpi