in

Dosen USM Ferry Firmawan PhD Terpilih Jadi Anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional 2024-2027

Dosen Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM), Ferry Firmawan PhD. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Dosen Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM), Ferry Firmawan PhD terpilih sebagai anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) 2024-2027.

Ferry yang mewakili dari unsur pelaku usaha itu duduk sebagai wakil ketua bidang Komunikasi dan Edukasi.

Ferry bersama 22 anggota BPKN yang lain dilantik Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta pada 19 Januari 2024.

Menurut Ferry, BPKN RI sebagai Lembaga Negara belum cukup dikenal masyarakat, terutama di kalangan generasi-z. Padahal pelaku bisnis start-up sudah semakin banyak menjamur.

Komunitas konsumen muda terbentuk sebagai netizen produk yang semakin kritis dan kalangan mahasiswa adalah kalangan milenial yang sangat membutuhkan informasi dan edukasi yg memadai tentang perlindungan konsumen.

”Maka dari itu sangat perlu menghadirkan keberadaan BPKN RI di tengah-tengah kalangan muda, sekolah dan perguruan tinggi guna mewujudkan konsumen muda yg berdaya dan pelaku usaha yang bermartabat,” ujar wakil dekan 1 FT USM.

Ferry bersama anggota lain akan bekerja mendampingi ketua terpilih dan wakil ketua terpilih, Muhammad Mufti Mubarok dan Syaiful Ahmar melaksanakan program kerja selama empat tahun.

Menurut Mufti, pihaknya bertekad mewujudkan BPKN menjadi lembaga terdepan dalam memberikan perlindungan konsumen serta meningkatkan koordinasi dan bersinergi dengan stakeholders terkait.

”Pekerjaan rumah BPKN cukup banyak dan tantangan perlindungan konsumen ke depan juga akan kian kompleks, sehingga BPKN akan mengakselerasi kerja dengan memaksimalkan kerja sama semua anggota,
kesekretariatan serta kolaborasi dan koordinasi dengan kementerian/lembaga serta
semua pemangku kepentingan perlindungan konsumen di Indonesia,” kata Mufti.

Susunan pengurus BPKN 2024-2027 terdiri atas empat komisi.

Komisi 1 yang membidangi Penelitian dan Pengembangan diketuai Ermanto Fahamsyah dan Wakilnya Agus Satory.

Komisi 2 dengan lingkup kerja bidang Komunikasi dan Edukasi diketuai Heru Sutadi dan Ferry Firmawan sebagai wakil ketua.

Sementara itu, Komisi 3 yang membidangi Advokasi diketuai Fitrah Bukhari dengan Wakil Intan Nur Rahmawanti.

Serta Komisi 4 dengan bidang Kelembagaan dan Kerja Sama yang diketuai Lasminingsih dengan Wakil Ketua Ganef Judawati. St

Written by Jatengdaily.com

Mahasiswa Magister Hukum USM KKL di Mahkamah Agung

Rp200 Triliun per Tahun, Potensi Penghematan Biaya Konsumsi Rumah Tangga dari Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran