in

Jelang Pemilu, Ajak Pemilih Pemula Kritis dan Hindari Hoax

Tular Nalar, bekerja sama dengan Mafindo Kota Semarang serta Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula menyelenggarakan Sekolah Kebangsaan bagi para pemilih pemula. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Tular Nalar, bekerja sama dengan Mafindo Kota Semarang serta Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula menyelenggarakan Sekolah Kebangsaan bagi para pemilih pemula.

Sekolah Kebangsaan Tular Nalar bagi Pemilih Pemula ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Bersama Unissula, Kamis (27/12/2023) mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Dekan FBIK Unissula Trimanah SSos MSi menyampaikan pentingnya generasi muda memiliki kejelian dalam mengelola informasi agar tidak menjadi rantai hoax. “Para mahasiswa yang merupakan generasi muda terpelajar harus bisa memilah dan memilih serta menyaring informasi secara bijaksana agar tidak menjadi bagian rantai hoax yang menyesatkan”, ungkapnya.

Masih menurut Trimanah, potensi hoax menjelang pemilu 2024 tetap tinggi. “Situasinya tidak jauh beda dengan kondisi pemilu 2019 dimana banyak berita hoax disebarluaskan dan menimbulkan banyak fitnah yang dampaknya sangat serius. Hoax sangat sadis menyerang personal hingga membunuh karakter seseorang”, ungkapnya.

Oleh karenanya ia meminta mahasiswa menjadi pribadi yang kritis dan objektif dan tidak menjadi bagian dari fitnah.

Sementara itu Program Manager Tular Nalar, Santi Indra Astuti SSos MSi dalam sambutan virtualnya menjelaskan bahwa Tular Nalar telah menjadi wadah untuk menanamkan kebiasaan berpikir kritis di tengah arus informasi yang menantang. Dalam rentang waktu sejak 2020, Tular Nalar telah menyentuh lebih dari 550.000 audiens di seluruh Indonesia. Program tersebut berhasil merangkul beragam segmen masyarakat, termasuk kelompok rentan seperti kalangan pendidik, mahasiswa, lansia, dan lainnya.

“Kami harap semoga dengan adanya kegiatan Tular Nalar apa yang kita peroleh bukan hanya sekedar ilmu saja namun juga diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Apalagi arus informasi sangat menantang di tengah era menjelang pemilu seperti saat ini. Inilah tantangannya agar kita cermat memilah informasi”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut para narasumber menjelaskan tahapan pemilu 2024 serta bagaimana menjadi pemilih yang cerdas untuk mensukseskan proses demokrasi di Indonesia. Mereka dibagi dalam kelompok kelompok kecil dengan seorang narasumber.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan MoU antara FBIK Unissula dan Mafindo Semarang yang ditandatangani oleh Dekan Trimanah SSos MSI dan perwakilan Mafindo Kota Semarang, Fiskal Purbawan. she

 

Written by Jatengdaily.com

Selamat Tahun Baru 2024, Ini Harapan Mbak Ita untuk Warga Semarang

Senin Sore Ini Puncak Arus Balik Nataru, Mbak Ita Minta Skema Lalu Lintas Disiagakan