in

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Semarang Raih Dua Penghargaan di Konferensi Nasional Peneliti Muda

Navisa Fitri Rahmawati. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Navisa Fitri Rahmawati, mahasiswa Fakultas Psikologi berhasil menyabet dua kategori penghargaan di ajang Konferensi Nasional Ke-8 Peneliti Muda Psikologi Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka, Jakarta, baru-baru ini.

Navisa yang mengusung artikel penelitian dengan tema Psikologi Indigenous tersebut berhasil memperoleh dua penghargaan yaitu Kategori Artikel Terbaik dan Poster Terbaik.

”Tema dalam konferensi tersebut mengusung tema utamanya adalah kesehatan mental. Saya dengan bantuan dosen-dosen pendamping tertarik untuk mengkaji psikologi budaya. Saya membawa tema ‘Nrimo Ing Pandum: Konsep Sehat Mental ala Jawa,” ujar Navisa.

Navisa menambahkan, konferensi ilmiah tersebut diikuti 200 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, pesertanya tidak hanya dari kalangan mahasiswa strata 1 tetapi terdapat juga mahasiswa dari magister, sehingga event tersebut memiliki daya saing yang ketat.

”Berkat bantuan dan dukungan dari civitas akademika Psikologi USM, artikel penelitian saya berhasil menembus dan mendapatkan dua kategori terbaik,” ungkap Navisa.

Menurutnya, penelitiannya mengandung pesan budaya menjadi salah satu pendekatan penting dalam mengintervensi kesehatan mental. Utamanya budaya Jawa yang memiliki banyak nilai-nilai moral dan perilaku.

”Sehingga dalam konteks hari ini, kajian psikologi budaya sangat relevan untuk dikaji kembali dari sisi keilmuan psikologi,” jelasnya.

Dia berharap, ke depan pihaknya akan terus mencoba untuk ikut serta dalam event-event ilmiah lain seperti lomba karya tulis ilmiah, artikel populer dan lainnya.

Selain itu, dia juga berharap agar mahasiswa psikologi lain ikut andil dalam mengasah kemampuannya melalui kegiatan ilmiah, terutama dalam bidang kepenulisan dan penelitian.St

Written by Jatengdaily.com

Dekan FBB Untag Bagikan Pengalaman Inspiratif Menulis Cerpen

Presiden Iran Meninggal Pasca Helikopter Yang Dinaikinya Jatuh di Provinsi Azerbaijan