in

Mahasiswa Prodi K3 FKM Undip Melakukan Pelatihan Keselamatan Kerja pada Ketinggian

Pelatihan keselamatan kerja pada ketinggian. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip bekerja sama dengan Unit K3 Universitas Diponegoro mengadakan pelatihan keselamatan kerja pada ketinggian (tempat kerja yang tinggi) yang diadakan di Fakultas Kesehatan Masyarakat pada Selasa (21/5/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah keselamatan kerja pada program S1 FKM Undip dengan peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan pelatihan ini didampingi langsung oleh dosen Prof. Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D. yang menjabat pula sebagai Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Undip dan Kepala UPT K3L Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes. “Peran serta alumni dalam kegiatan ini merupakan hal yang luar biasa, dengan inisiatifnya mereka tidak kita minta namun mereka dengan sendirinya mengatur jadwal mereka untuk mengisi materi-materi terkait K3 yang ada di lapangan,” ujar Prof Hanifa.

Pada kesempatan yang sama, FKM Bekerja sama dengan alumninya yaitu Setyadi Kristyana dalam melaksanakan kegiatan pelatihan ini, ia merupakan alumni FKM UNDIP tahun 2010 yang saat ini bekerja di KStrong Asia Singapore.

“Dengan materi ini, harapannya mahasiswa mampu mencerna dengan baik agar di dunia kerja nanti tidak kaget dan bisa mengimplementasikannya. Dan yang terpenting bahwa lulusan S1 FKM Undip lebih ke manajerial yang artinya mereka memahami standar keamanan dan keselamatan yang dilakukan oleh pekerja dengan kompetensi tertentu yang bekerja pada ketinggian (tempat kerja yang tinggi),” kata Setyadi Kristyana.

Dalam melaksanakan materi pelatihan, mahasiswa diminta untuk bergantian dalam mempraktekan proses evakuasi korban dan juga bagaimana caranya untuk menggunakan alat-alat keamanan lainnya. Kegiatan tersebut merupakan wujud pembelajaran praktek yang bertumpu pada skill di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan sesuai dengan visi misi K3L yaitu Undip Zero Accident, sehingga tidak ada kecelakaan dalam kerja selama beraktivitas di lingkungan di Universitas Diponegoro. she

Written by Jatengdaily.com

Long Weekend Libur Waisak, KAI Daop 4 Semarang Siapkan 83 Ribu Tempat Duduk Kereta Api

Antisipasi Genangan Banjir, Mbak Ita Instruksikan Pembongkaran PJM Tanpa Izin di Wolter Monginsidi