in

Modifikasi Cuaca akan Diberlakukan Saat Musim Mudik

Ilustrasi: Modifikasi cuaca dilakukan untuk mengurangi potensi dampak banjir di Demak dan sekitarnya. Foto: dok.bnpb

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Kepala BMKG Dwikorita menyatakan bahwa pihaknya akan memberlakukan modifikasi cuaca saat arus mudik 2024. Sebab, masa mudik lebaran tahun ini diprediksi masih akan terjadi hujan.

“Ada teknologi modifikasi cuaca,” jelas Kepala BMKG,  dilansir Selasa (26/3/2024) dari laman humas Polri.

Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) adalah suatu bentuk upaya manusia untuk memodifikasi cuaca dengan tujuan tertentu agar mendapatkan kondisi cuaca seperti yang diinginkan.

Ia menerangkan, antisipasi banjir sudah diantisipasi pihaknya. Namun, masyarakat diminta selalu memperbaiki informasi dari Inaris untuk dapat memilih jalur yang tidak terjadi banjir.

Dari aplikasi tersebut, ujar Kepala BMKG, akan ada deteksi dini banjir. Kemudian, akan dikeluarkan peringatan di titik-titik terjadinya banjir.

Di sisi lain, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki memastikan jajarannya di daerah sudah diperintahkan mencari lokasi untuk mengantisipasi banjir. Dengan begitu, ibadah salat Idulfitri akan dapat tetap dilakukan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan jajaran dengan Kemenag akan dicarikan lokasi aman salat Ied 1 Syawal. Dengan memperhatikan kondisi-kondisi di sekitarnya,” ungkapnya. she 

Written by Jatengdaily.com

Masyarakat Diimbau Hindari Mudik di Tanggal Puncak Arus

Sidang Isbat Penentuan Idulfitri akan Digelar pada 9 April