in

Pengungsi Erupsi Gunung Ibu Capai 1.554 Orang

Para pengungsi di tempat pengungsian. Foto: MC Kota Tidore

HALMAHERA (Jatengdaily.com)– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Senin (20/5/2024) mencatat sebanyak 1.554 warga yang tinggal di wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Api Ibu, telah diungsikan ke dua lokasi.

Lokasi pengungsian tersebut yakni di Desa Gam Ici dan Desa Tongute Ternate, Kecamatan Ibu, Halmahera Barat.

Penduduk yang diungsikan itu karena Gunung Api Ibu masih terjadi erupsi dan jumlah pengungsi tersebut masih mengalami peningkatan dalam tiga hari terakhir.

Penduduk yang mengungsi di dua lokasi pengungsian itu berasal dari tujuh desa di antaranya Desa Duono, Desa Tokuoko, Desa Goin, Desa Sangaji Nyeku, Desa Soasangaji, Desa Toguis, dan Desa Togorebasungi.

Kepala BPBD Halmahera Barat, Gunawan MT Ali mengungkapkan, untuk jumlah pengungsi sampai hari ini terus melonjak naik yang sebelumnya hanya 900-an naik menjadi 1.554 orang.

“Pemerintah daerah Halmahera Barat telah mengungsikan mereka pada dua titik lokasi pengungsian yang berada di wilayah Kecamatan Ibu,” kata Gunawan

Dia menambahkan, 1.554 orang pengungsi itu merupakan data sementara yang direkap oleh BPBD Halmahera Barat. “Ini hanya data sementara, kita perkirakan akan ada tambahan lagi,” pungkasnya dilansir dari laman infopublik. she 

Written by Jatengdaily.com

Upacara Peringatan Harkitnas 2024 di Undip Menarik, Ada Hadiah Kambingnya

Jelang Pilkada, Bupati Demak Ajak Ormas Wujudkan Kondusifitas