in ,

Pesta Siaga Latih Kemandirian dan Dukung Upaya Perlindungan Anak

Bupati Demak yang juga Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Demak dr Hj Eisti'anah SE didampingi jajaran pengurus Kwarcab Demak secara simbolis membuka Pesta Siaga Cabang Demak 2024 ditandai dengan pemukulan gong. Foto : sari jati

DEMAK (Jatengdaily.com)- Upaya mendukung tumbuh kembang anak sekaligus melindungi hak mereka intensif dilakukan Pemkab Demak. Selain menerbitkan peraturan daerah tentang Kabupaten Layak Anak (Perda KLA), juga membangun fasilitas sarana dan prasarana yang ramah anak.

Di sela acara Pesta Siaga Cabang Demak 2024 gelaran Kwarcab Demak, Bupati Demak dr Hj Eisti’anah yang sekaligus Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Demak menuturkan, gerakan Pramuka sebagai wahana edukasi yang menyenangkan sangat baik untuk anak usia sekolah. Tak terkecuali agenda Pesta Siaga Cabang Demak 2024 yang diadakan sebagai panduan sekaligus ajang pembinaan anggota Pramuka Siaga, untuk saling mengenal teman baru, menguji prestasi, berkompetisi penuh sportifitas dalam permainan-permainan yang bersifat menyenangkan, mendidik, sekaligus melatih kemandirian.

“Dengan ikut serta dalam pesta siaga, diharapkan ketika anak-anak bertemu teman baru, mereka bisa saling mengenal, terbentuk pengalaman menyenangkan, sekaligus berlatih mandiri. Sesuai tema ‘Ceria, Cerdas, Cakap, Cendekia’,” kata bupati, didampingi Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (BINAWASA) HM Syahrie dan Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana HM Ridhodin, Sabtu (11/05/2024).

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan Pramuka yang menggembirakan dan penuh edukasi sekaligus mendidik anak-anak dalam berorganisasi dan belajar bermasyarakat. Maka Pemda sangat mendukung kegiatan tersebut, karena sangat selaras upaya pemerintah dalam memberikan hak-hak anak.

Sebagai upaya memberikan perlindungan hak anak, lanjut Bupati Eisti’anah, Pemkab Demak juga telah telah menerbitkan Perda Kabupaten Layak Anak (KLA), di samping membangun fasilitas bermain yang ramah anak. Walaupun belum optimal namun terus berupaya meningkatkannya, baik dari segi kapasitas dan kualitas.

“Termasuk memberikan pembinaan pada sekolah-sekolah agar senantiasa memberikan proses pembelajaran yang ramah anak. Yakni proses pembelajaran yang tidak menakutkan namun menyenangkan bagi anak. Serta didukung fasilitas sarpras yang ramah anak,” imbuh bupati.

Termasuk pula mengarahkan sekolah, agar guru menjalin komunikasi dengan orang tua murid. Sehingga ketika terjadi hal tak diinginkan bisa segera diselesaikan tanpa menimbulkan efek negatif berkepanjangan.

Sementara itu Ketua Panitia Pesta Siaga Cabang Demak Muhammad Asro menjelaskan, Pesta Siaga yang dilaksanakan sehari di pelataran Sanggar Bahkati Pramuka Kwarcab Demak itu diikuti dua Barung Putera dan dua Barung Puteri utusan 14 Kwaran. Mereka yang terpilih sebagai Barung terbaik akan mewakili Kwarcab Demak di tingkat Kwarda Jawa Tengah. rie-she

Written by Jatengdaily.com

DPP LPHI Dirikan Posbakum Indonesia

KPU Demak Luncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak 2024