in

Pondasi Jembatan di Kelurahan Kranggan Temanggung Ambrol akibat Banjir

Banjir luapan di Sungai Karangkulon, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung mengakibatkan talud dan pondasi jembatan penghubung dua dusun ambrol. Foto: humas Temanggung

TEMANGGUNG (Jatengdaily.com) – Banjir luapan di Sungai Karangkulon, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung mengakibatkan talud dan pondasi jembatan penghubung dua dusun ambrol.

Kepala Pelaksana BPBD Temanggung, Totok Nursetyanto mengatakan intensitas hujan yang tinggi pada itu mengakibatkan debit air sungai meningkat hingga menyebabkan banjir luapan.. Derasnya arus banjir yang meluap menggerus sayap jembatan dan talud pengaman tebing.

“Hujan intensitas tinggi mengakibatkan banjir di jembatan Karangkulon yang menggerus sayap jembatan dan talud pengaman tebing,” ungkapnya dilansir dari Infopublik Minggu (9/6/2024).

Ia mengatakan, gerusan banjir merusak bangunan talud dengan tinggi enam meter dan lebar delapan meter longsor, kemudian sayap jembatan dengan tinggi enam meter dan panjang enam meter longsor. “Akibat musibah ini kerugian material kurang lebih Rp463.584.000,” imbuhnya.

Atas kejadian itu, BPBD bersama pihak Kelurahan Kranggan telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi untuk penanganan darurat.

“Kita memasang rambu pengaman di sekitar lokasi, kemudian kita juga lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati saat melintasi jembatan ini, karena potensi terjadi longsor susulan, jika banjir terjadi lagi,” tegasnya.

Untuk sementara, jalan yang menghubungkan dua RW, yakni RW 01 dan RW 05 Dayakan ditutup untuk kendaraan roda empat, namun untuk kendaraan roda dua masih bisa melintas. she 

Written by Jatengdaily.com

Pemerintah Tetapkan Iduladha 1445 H Jatuh pada Senin 17 Juni 2024

Sejumlah Medsos Promosikan Haji Nonprosedural, Masyarakat Harus Waspada