in

Program Reward BPKPAD Kabupaten Demak Berhasil Dongkrak Capaian PBB P2

Bupati Demak dr Hj Eisti'anah SE didampingi Kepala BPKPAD Kabupaten Demak H Agus Musyafak saat menyerahkan penghargaan berupa mobil listrik kepada Sumarti, wajib pajak yang lunas PBB P2 2023 sebelum jatuh tempo. Foto : sari jati

DEMAK (Jatengdaily.com) – Pajak sebagai sumber potensial pendapatan asli daerah (PAD) menjadikan primadona, yang terus diupayakan perolehannya. Seperti dilakukan BPKPAD Kabupaten Demak yang melakukan sejumlah terobosan untuk mendingkrak pemasukan PAD dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB P2), melalui kemudahan pembayaran hingga pemberian reward.

Kepala BPKPAD Kabupaten Demak H Agus Musyafak menyampaikan, kemudahan pembayaran juga pemberian reward kepada wajib pajak merupakan bagian bentuk motivasi agar masyarakat semangat membayar tepat waktu dan tepat jumlah. Gayung bersambut, selain masyarakat terpacu dan berlomba melunasi PBB P2 sebelum jatuh tempo, target capaian terpenuhi setiap tahunnya.

Reward ini ada beberapa jenis, yakni suvenir menarik yang langsung diberikan tanpa diundi bagi wajib pajak yang paling cepat pelunasan. Karena jumlahnya terbatas, maka hanya diberikan bagi wajib pajak yang lunas di awal tahun.

Selain itu ada pula reward berupa puluhan hadiah menarik, seperti motor listrik, kulkas, televisi, dan sejenisnya bagi desa/kelurahan atau kecamatan yang lunas PBB P2 sebelum jatuh tempo.

“Serta hadiah utama yang diundi pada acara Gebyar Undian PBB P2. Setiap tahunnya ragam hadiah berganti dan bertambah nilainya. Mulai dari tabungan umroh hingga satu unit mobil listrik, seperti diberikan kepada wajib pajak beruntung, Sumarti dari Desa Jamus Kecamatan Mranggen,” ujarnya, Selasa (16/01/2024).

Terbukti dengan adanya pemberian reward bagi wajib pajak, penerimaan PBB P2 per 16 Januari 2024 dari target capaian Rp 75,5 miliar telah masuk kurang lebih Rp 600 juta. Dengan perincian Pokok sebesar Rp 556.584.253, Piutang Rp 131.816.691 dan Denda Rp 24.774.691.

Sementar Sumarti yang merupakan Kaur TU dan Umum Desa Jamus itu melunasi PBB P2-nya yang menjadi tanggungannya senilai Rp 206.208 pada 15 September 2023. “Alhamdulillah atas rejeki ini. Saya tidak pernah menyangka bakal mendapat undian PBB P2 berupa mobil listrik. Karena niat saya waktu itu hanya melunasi SPT tanah bengkok yang menjadi tanggungan saya. Selain wajib, sekaligus memberi teladan masyarakat agar taat pajak,” ujar ibu dua anak tersebut, didampingi Kades Jamus Ahmad Rifai.

Di sisi lain, Bupati Demak dr Hj Eisti’anah SE yang berkesempatan menyerahkan langsung hadiah satu unit mobil listrik senilai ratusan juta rupiah kepada Sumarti, memberikan apresiasi kepada kedua pihak. Baik BPKPAD Kabupaten Demak yang terus berinovasi untuk meningkatkan PAD dari sektor pajak. Maupun apresiasi untuk Sumarti, selaku wajib pajak yang taat melunasi PBB P2-nya tepat waktu.

“Kami berharap penghargaan yang diberikan pemerintah daerah terkait pelunasan PBB P2 dapat memotivasi masyarakat khususnya para wajib pajak semakin taat pajak dan melunasinya sebelum jatuh tempo. Sehingga pemasukan PAD dari sektor pajak terus meningkat dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembangunan daerah,” kata bupati. rie-St

 

Written by Jatengdaily.com

Jangan Berikan Ruang Gerak pada Mafia Tanah

Jaring Atlet Porwanas, Siwo PWI Jateng Gandeng PT Sukun Gelar Kejuaraan Tenis Meja Antarmedia 2024