in

Resmi Mendaftar Cagub, Rukma Ingin Mengabdi dan Tegak Lurus

Banteng senior yang juga mantan Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, secara resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur (cagub). Rukma dengan dikawal para koleganya mendatangi kantor DPD PDIP Jateng, Kamis (30/5/2024). Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Banteng senior yang juga mantan Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, secara resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur (cagub). Rukma dengan dikawal para koleganya mendatangi kantor DPD PDIP Jateng, Kamis (30/5/2024).

Keseriusan mantan guru SMA Purworejo ini ditandai dengan pengembalian formulir penjaringan bakal cagub yang sebelumnya telah diambil. Rukma datang didampingi beberapa senior partai, di antaranya Wilem Tutuarima, Heru Sudjatmoko, dan sejumlah kader banteng moncong putih.

Rukma akan bersaing dengan Hendrar Prihadi alias Hendi untuk memperebutkan rekomendasi PDIP. “Hari ini saya mengembalikan berkas formulir yang saya ambil sebelumnya. Soal siapa nanti yang akan mendapatkan rekomendasi terserah DPP. Saya akan tetap mendukung kader yang mengantongi rekomendasi dari DPP PDIP,” ujar Rukma.

Rukma menambahkan, jika mendapat rekomendasi dari partai, salah satu programnya ingin memperbaiki infrastruktur di Jateng, termasuk jalan di pelosok-pelosok desa. Sebab, bagi Rukma, infrastruktur yang memadai akan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Meski berharap mendapat rekomendasi, tetapi ia tidak mempermasalahkan jika nantinya yang direstui maju cagub bukan dirinya atau misal ia hanya diposisikan sebagai cawagub.

“Tidak masalah, karena bagi saya yang penting adalah pengabdian. Saya ingin mengabdikan diri untuk masyarakat Jateng. Jadi tujuan saya mendaftar bukan semata-mata karena ambisi kekuasaan,” tegas dia.

Rukma juga memahami bahwa penjaringan cagub-cawagub tidak hanya dibuka di PDIP Jateng, melainkan masih terbuka di DPP PDIP setelah pendaftaran di tingkat daerah ditutup. ”Kalau di Jateng yang mengembalikan formulir cuman dua, mungkin bisa saja mendaftar di DPP,” ujar Rukma.

Dia mengaku siap menerima terhadap apa pun keputusan partai. Rukma berkomitmen mendukung siapa pun calon yang nantinya direstui oleh Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, untuk maju dalam Pilkada 2024.

“Saya punya komitmen, ketika sudah ada rekomendasi, semua akan nyengkuyung tegak lurus mendukung,” kata dia menambahkan.

Sebagai informasi, hingga akhir masa pendaftaran di PDIP Jateng pada Kamis (30/5/2024) sore, terdapat dua orang yang mendaftar penjaringan cagub, yakni Rukma Setyabudi dan Hendrar Prihadi. Selain Rukma dan Hendi juga tiga bakal calon yang mendaftar penjaringan bakal cawagub. Masing-masing adalah Heru Sudjatmoko mantan Wakil Gubernur Jateng; Riyanta anggota DPR RI; dan Sri Mulyani, Bupati Klaten. St

Written by Jatengdaily.com

PWI Jateng Bersama Aliansi Jurnalis dan Koalisi Masyarakat Sipil Menolak RUU Penyiaran

Ditopang Peningkatan Penjualan Tenaga Listrik, Pendapatan PLN Tumbuh Signifikan Capai Rp 487 Triliun