in

Rofik Mahasiswa TRKI Vokasi Undip Juara 1 Pilmapres Jateng, Siap Berlaga di Tingkat Nasional

Rofik Wahyu Hidayat, mahasiswa berprestasi dari Program Studi TRKI Vokasi Undip. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Rofik Wahyu Hidayat, mahasiswa berprestasi dari Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) angkatan 2021 Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip), menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 6. Kemenangan ini tidak hanya menjadi bukti akan kemampuan yang luar biasa, tetapi juga menunjukkan dedikasi dan semangat juang yang tinggi dalam mengejar keunggulan.

Ketua Program Studi TRKI SV Undip, Mohamad Endy Julianto, S.T., M.T, mengatakan bersyukur atas capaian prestasi yang diraih oleh Rofik. Pasalnya Rofik menambah daftar prestasi mahasiswa Prodi TRKI Vokasi Undip. Langkah selanjutnya bagi Rofik adalah melanjutkan seleksi di tingkat nasional, di mana ia akan bersaing dengan mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. ”Dukungan dari seluruh komunitas akademik diharapkan dapat menjadi pendorong bagi Rofik untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” kata Endy Julianto, Rabu (5/6/2024).

Sementara itu, Rofik mengatakan, serangkaian tahapan seleksi sangat ketat telah dilalui yang membawa dirinya meraih juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat wilayah LLDIKTI 6.

Tahap awal seleksi melibatkan penilaian atas kinerja akademik, aktivitas ekstrakurikuler, dan kontribusi sosial mahasiswa. Setelah itu, peserta yang lolos seleksi awal akan mengikuti serangkaian seleksi maupun wawancara yang digelar oleh tim juri yang terdiri dari pakar di bidangnya masing-masing.

Lebih lanjut Rofik mengatakan, melalui prestasi akademik yang gemilang dan aktif dalam berbagai kegiatan di luar perkuliahan ternyata sangat membantu dalam pencapaian prestasi tersebut. Dedikasinya dalam mengembangkan diri dan memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitarnya menjadi nilai tambah yang tidak terpisahkan dalam penilaian juri. Dengan melewati semua tahapan seleksi ini, Rofik membuktikan bahwa keunggulan bukanlah hasil dari keberuntungan semata, tetapi juga merupakan hasil dari kerja keras, kesungguhan, dan komitmen yang kuat.

Rofiq merupakan salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro yang mendapatkan Beasiswa Pemerintah Jepang untuk mengikuti Sakura Science Programe  2023 di National Institute of Technology, Akashi College, Jepang pada tanggal 13-22 September 2023. Tak tanggung-tanggung Rofiq ternyata juga telah memiliki paten dari hasil karyanya yakni paten no S00202312659 dengan invensi Metode Ekstraksi Senyawa Antioksidan dan Flavanoid dari Daun Kopi. ”Senyawa ini mampu menggempur kanker dan tumor,” terang Rofiq.

Sementara itu, salah satu aspek yang dinilai dalam capaian unggulan Pilmapres adalah hasil karya dan salah satu poinnya adalah HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Rofik sendiri telah memiliki 7 HAKI (EC002023102917, EC00202425506, EC00202430271, EC00202430158, EC00202430164, EC00202430184, EC00202441188).

Tahapan seleksi selanjutnya bagi Rofik adalah mengikuti kompetisi di tingkat nasional, di mana ia akan berhadapan dengan para mahasiswa terbaik dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Kompetisi tersebut akan menuntutnya untuk menampilkan kemampuan terbaiknya dalam bidang akademik, kepemimpinan, dan kontribusi nyata bagi masyarakat. Dukungan penuh dari Universitas Diponegoro dan seluruh komunitas akademik diharapkan dapat menjadi bekal dan penyemangat bagi Rofik dalam menghadapi tahapan berikutnya. she 

Written by Jatengdaily.com

Bima Eka Sakti, Cawabup Kabupaten Tegal yang Maju Jalur Independen Ini Janji Mampu Bawa Perubahan

Suami BCL Dilaporkan Mantan Istri atas Dugaan Penggelapan Uang, Polisi Periksa Lima Saksi