in

Semarang Punya Potensi Hasilkan Penulis Berprestasi

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengukuhkan pengurus Satupena Kota Semarang periode 2024-2029 di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang, Rabu, 24 April 2024.Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Satupena Kota Semarang memiliki peran yang sangat penting dalam upaya menciptakan budaya literasi. Wilayah Kota Semarang bukan hanya kaya akan budaya, tetapi juga memiliki potensi literasi yang memadai untuk menghasilkan penulis-penulis yang berprestasi. Hal ini menjadi tugas Satupena Kota Semarang untuk memanfaatkan potensi tersebut, sehingga penulis-penulis Kota Semarang mampu menorehkan namanya di kancah nasional maupun internasional.

Hal itu dikemukakan oleh Walikota Semarang Dr. Ir. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Si seusai mengukuhkan pengurus Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Kota Semarang periode 2024-2029 di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang, Rabu siang, 24 April 2024.

Selain itu, demikian Mbak Ita—sapaan akrab Walikota Semarang, Satupena Kota Semarang juga harus berupaya keras, untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap dunia literasi, sehingga setiap bakat baru akan mendapatkan kesempatan untuk tampil dan berkembang. Kolaborasi partisipatif lintas sektor juga harus dioptimalkan, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam membangun dunia literasi yang berkelanjutan dan menginspirasi.

“Kepada pengurus Satupena Kota Semarang periode tahun 2024-2029, saya ucapkan selamat bekerja. Tugas dan tantangan yang ada di depan kita memang bukanlah tugas yang mudah. Meski begitu saya yakin, dengan semangat kerja dan dedikasi yang tinggi, Satupena Kota Semarang sebagai mitra Pemerintah Kota Semarang,” tegasnya.

Kepengurusan Satupena Kota Semarang diketuai oleh Dr. Fadjar Setiyo Anggraeni, S.E., M.Si., Ak., CA., ACPA dengan Wakil Ketua Maya Diana K Dewi, S.Pd.. Sekretaris Adnan Ghiffari didampingi Wakil Sekretaris Alem Savero Reyhan, S.S. Bendahara  R.Ay. Siti Juhanah, S.H. dengan Wakil Bendahara Merry Wahyu Werdaningsih, S.S.

Kepengurusan dilengkapi juga dengan bidang-bidang. Ketua Bidang Kerja Sama Sri Wahyuni, S.S., M.M. dengan wakil ketuanya Visi Asrining Njani, S.Psi. Ketua Bidang Fiksi Tri Dewi Nugrahini dengan wakil ketuanya Marleen Monas. Ketua Bidang Bidang Nonfiksi Bareta Hendy Pamungkas, S.I.Kom dengan wakil ketuanya Bambang A.S., B.A. Ketua Bidang Riset Linda Mutiara Lumban Tobing, S.Th., S.Pd.K., M.A. dengan wakil ketuanya Nur Sitha Afrilia, S.S., M.S. Ketua Bidang Media Christian Heru Cahyo Saputro, S.Pd dengan wakil ketuanya Hanifah Albary.

Tampak hadir dalam pengukuhan pengurus Satupena Kota Semarang tersebut, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang Fx. Bambang Suranggono, S.Sos., Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie, Ketua Bengkel Sastra Taman Maluku Sulis Bambang, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang Rahmulyo Adi Wibowo, S.H., M.H., dan Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Semarang Bahlul Ulumi, S.Ag., M.Hum.

Sementara itu Ketua Satupena Kota Semarang Fadjar Setiyo Anggraeni mengatakan, sehari setelah dilantik Walikota, tepatnya 25 April 2024, menurut rencana Satupena Kota Semarang bekerja sama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota akan mengadakan bedah buku karya anggota Satupena. Buku yang akan didiskusikan adalah “Kugoreskan Semua” (kumpulan puisi) karya Marlin Monas dan “Sentani” (novel) karya Maya Dewi.

“Sebagai pembahas buku adalah Christian Saputro dan Tirta Nursari. Sedangkan moderator Nur Sitha Afrilia. Kegiatan akan dilaksanakan di Ruang Audio-Visual Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang,” ujarnya. St

 

Written by Jatengdaily.com

Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 17% Selama Idul Fitri 2024, Banjarnegara Penyumbang Trafik Tertinggi

Mbak Ita Dukung Usulan KH Sholeh Darat sebagai Pahlawan Nasional