in

Tak Hanya Belajar Teori, Prodi Ilkom USM Punya Sistem Pembelajaran Libatkan Industri Profesional

Prodi Ilmu Komunikasi USM yaitu Pengantar Penyiaran yang diampu oleh dosen Suhariyanto, S.Sos.I.,M.I.Kom., melakukan kunjungan ke Radio USM Jaya FM pada Selasa (14/5/2024).Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Program Studi S1-Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM dengan mempelajari banyak bidang Public Relation, Public Speaking, Broadcasting, dan lain sebagainya.

Prodi yang terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) itu, memiliki dua peminatan yaitu komunikasi strategis dan media massa.

Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi USM, Edi Nurwahyu Julianto, S.Sos.,M.I.Kom mengungkapkan, Prodi S1-Ilmu Komunikasi USM tidak hanya mempelajari secara teori namun juga memiliki sistem pembelajaran dengan melibatkan industri agar mahasiswa dapat memahami konektivitas antara dunia kerja dan materi teori yang dipelajari.

“Untuk itu, bagi mahasiswa yang memilih peminatan di bidang media massa, maka kunjungan ke media merupakan salah satu bentuk pembelajaran luar kelas yang diharapkan bisa memberikan insight industri media saat ini dari praktisinya langsung”, ucapnya.

Adapun salah satu kajian mata kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi USM yaitu Pengantar Penyiaran yang diampu oleh dosen Suhariyanto, S.Sos.I.,M.I.Kom., melakukan kunjungan ke Radio USM Jaya FM pada Selasa (14/5/2024).

Dosen yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Studio Radio USM Jaya FM itu memberikan pengamatan secara langsung terkait sistem kerja crew Radio USM Jaya FM.

“Radio USM Jaya FM ini selain merupakan media yang profesional, disini juga bisa dijadikan sebagai wadah pembelajaran bagi mahasiswa baik di prodi Ilkom maupun prodi lain. Oleh karena itu, saya mengajak mahasiswa untuk berkunjung ke Radio USM Jaya FM agar dapat melihat siaran secara langsung serta kesesuaian antara materi dan praktek di dunia kerja”, jelas Suhariyanto.

Menurutnya, kunjungan ini mendapatkan dukungan dari Kaprodi Ilmu Komunikasi USM hingga pejabat Yayasan Alumni Undip.St

Written by Jatengdaily.com

Tim PkM USM Beri Edukasi Pencegahan Jebakan Pinjol Ilegal

Data Terbaru, Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang Padang 47 Orang