3 KPPS dan 1 Linmas di Demak Meninggal saat Bertugas

Keluarga ahli waris Almarhum Subagiyo, KPPS Desa Sedo Demak Kota didampingi Ketua KPU Demak H Bambang Setya Budi saat menerima santunan asuransi BPJS. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Pemilu 2019 meninggalkan sejumlah cerita. Tak terkecuali di Kota Wali, yang sempat diwarnai duka oleh kabar meninggalnya tiga KPPS dan seorang linmas, saat menjalankan tugas mendukung KPU menyelenggarakan pesta demokrasi.

Ketua KPU Demak H Bambang Setya Budi menuturkan, berkat dukungan semua pihak Pemilu 2019 berjalan lancar dan kondusif. Bahkan angka partisipasi masyarakat pun tercatat cukup tinggi hingga di atas 80 persen.

“Namun kami tidak menutup mata, di sela menjalankan tugas ada di antara saudara kami mendahului menghadap Allah SWT saat bertugas sebagai abdi negara, membantu menyelenggarakan Pemilu serentak 17 April lalu,” ujarnya, di sela pemberian santunan dari BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (25/4/2019).

Tiga petugas KPPS dan seorang anggota linmas disebutkan meninggal dunia karena sakit. Pascamenjalankan tugas di TPS.

Mereka adalah Subagiyo KPPS TPS 06 Desa Sedo Kecamatan Demak Kota, Mas’Ali KPPS Desa Tridonorejo Bonang, dan Subkhi, KPPS 9 Kedungmutih Wedung. Serta Mat Sapuan, Linmas TPS 26, Desa Kalisari dan tercatat sebagai warga Dukuh Krajan Utara RT 03/05.

Selain mereka, menurut Bambang Setya Budi, hasil inventarisasi sementara ada pula 10 petugas lainnya menjalani perawatan medis diduga karena kelelahan. Terdiri dari enam anggota KPPS, dua linmas dan dua anggota PPS.

Disebutkan, sekitar 24 ribuan dari 32 ribu kpps dan linmas di 12 kecamatan (minus kecamatan Dempet dan Wedung), berinisiatif iuran sukarela untuk BPJS ketenagakerjaan. Sehingga ketika terjadi kecelakaan kerja atau meninggal dunia karena tugas, ahli waris mendapatkan klaim asuransi.

“Seperti diterimakan kepada keluarga ahli waris almarhum Subagiyo KPPS Sedo dan Mas’ali KPPS Bonang. Sementara selebihnya direncanakan mendapatkan santunan dari KPU RI dan Provinsi Jateng,” pungkas Bambang Setya Budi. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here