Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama dan Dekan Fakultas Sains Matematika (FSM) Prof Dr Widowati saat pemotongan tumpeng, peresmian Gedung Acintya Prasada. Foto: dok

SEMARANG(Jatengdaily.com) -Fakultas Sains Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) mendirikan gedung yang diproyeksikan sebagai pusat keilmuan dan pengetahuan. Bangunan tersebut diberi nama Acintya Prasada. Lokasinya diperuntukkan untuk bertemu para mahasiswa, dosen, peneliti, pakar, dan ahli untuk membuat kajian, riset, atau bertukar pengalaman ilmiah melalui banyak forum akademi.

”Gedung enam lantai ini sekaligus menjadi pilar pengembangan pengelolaan studi S-2 dan S-3. FSM Undip semakin intensif terlibat pembangunan sumberdaya manusia berbasis pendidikan magister dan doktoral,” tutur Dekan FSM Prof Dr Widowati, Rabu (17/7/2019).

Peresmian gedung yang dilengkapi fasilitas mutakhir ini dilakukan oleh Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama. Selain itu, hadir pula Ketua Senat Universitas Prof Dr Sunarso, Wakil Dekan Sapto P Putro PhD, hingga guru besar Prof Dr Tri Retnaningsih Suprobowati, Prof Dr M Nur dan Prof Dr Bambang Pramudono.

Widowati menambahkan sarana prasarana yang memadai dibutuhkan berkenaan pengembangan institusi dan pelayanan pendidikan yang paripurna. Harapannya gedung tersebut dapat menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga bisa dihasilkan ilmu yang inovatif dan kolaboratif.

”Khususnya juga menghadapi tuntutan revolusi industri digital serta komitmen Undip memberikan pelayanan prima untuk perkuliahan penelitian,dan pengabdian kepada masyarakat. Acintya Prasada kami pandang sangat representatif mendukung fakultas maupun universitas tertua di Jateng ini. Utamanya sebagai poros utama pengembangan ilmu dan pengetahuan modern,” jelasnya.

Perwakilan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Undip, Baskoro Rochadi, mengatakan gedung yang berdiri di atas lahan seluas 3. 600 itu, dibangun dengan kualitas memadai dengan efisiensi biaya tinggi. Pembangunan dimulai Juli 2018 dan selesai pada 14 Maret 2019 dengan anggaran Rp 31 miliar.

Menurut Yos Johan Utama, didirikannya gedung magister dan doktor FSM ini akan bisa memicu semakin meningkatnya pertumbuhan sumber daya manusia yang mumpuni.

”Namun untuk dosen Undip, saya tidak hanya mendorong mereka bisa kuliah di dalam kampus seperti yang telah disediakan oleh FSM dengan fasilitas megah ini. Lebih dari itu juga dipersilahkan apabila ingin melanjutkan studi ke luar negeri,” tutur Yos. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here