Arus Mudik Semarang-Solo lewat Tol Lancar

Pintu tol Colomadu Karanganyar tak terlihat antrean Minggu (2/6/2019) pagi. Foto: yds

SOLO (Jatengdaily.com) – Pergerakan arus mudik lewat jalan tol Semarang-Solo-Ngawi relatif lancar sejak Sabtu (1/6/2019) malam hingga Minggu (2/6/2019) pagi. Ruas tol tersebut relatif lengang dan pemudik lancar memacu kendaraannya meskipun volume kendaraan meningkat.

Sejumlah gardu tol pun juga terlihat sedikit antrean. Seperti di gardu tol Colomadu, Kabupaten Karanganyar praktis tak ada antrean panjang. Kondisi itu terlihat baik dari kendaraan yang baru masuk maupun keluar gardu tol.

Sedangkan ruas tol dari Semarang menuju Salatiga juga relatif lancar. Pada Jumat lalu ruas tol Semarang-Ungaran-Salatiga memang memadat. Sehingga diberlakukan sistem contraflow.

Kendaraan pemudik yang melintas jalan tol melalui gerbang tol Banyumanik pada 30 Mei 2019 tercatat kurang lebih 52 ribu kendaraan, sedangkan pada 31 Mei 2019 sekitar 48 ribu.

Sementara itu rekayasa lalu lintas satu arah (one way) yang semula diberlakukan dari jakarta hingga Brebes, diperpanjang hingga ke Kalikangkung, Kendal. Perluasan one way ini menyusul terus meningkatnya volume kendaraan pemudik yang masuk ke Jateng melalui jalan tol pada H-4 Lebaran, Sabtu (1/6/ 2019).

Manajer Operasional Tol Pejagan-Pemalang, Ian Dwinanto, mengatakan keputusan memperluas one way dari hasil koordinasi dengan jajaran terkait. “Perluasan sistem one way ini kami lakukan berdasarkan kondisi kepadatan arus lalu lintas yang masuk tol Cikarang Utama,” ungkapnya. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here