in

Dipindahtugaskan, Fajar Purwoto Fokus Penataan PKL

Penataan PKL menjadi PR bagi Fajar Purwoto setelah menjabat sebagai Kepala Satpol PP. Foto:Ugl

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Menjamurnya para pedagang kaki lima (PKL) di sejumlah titik di Kota Semarang menjadi PR besar bagi mantan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, yang kini menjabat sebagai Kepala Satpol PP Kota Semarang. 

Mengemban tugas barunya, Fajar siap menertibkan para PKL di sejumlah titik.

Dia ingin menata para PKL agar Kota Semarang lebih rapi dan indah. Penertiban PKL akan mulai dilakukan usai lebaran nanti. 

“Setelah lebaran kami mulai melakukan penataan PKL terutama di depan RS Telogorejo. Itu kan buka seenaknya, Itu nanti akan kami atur jam tayangnya seperti halnya PKL di Taman Indonesia Kaya,” tegas Fajar, kemarin. 

Dia menuturkan, akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk mengatur jam buka para PKL. Pihaknya melarang para PKL mendirikan tenda permanen di sepanjang pinggir jalan raya. 

“Kami sampaikan ke PKL untuk taat aturan. Boleh buka sore, malam kalau sudah selesai berjualan tenda harus dibongkar, apabila tidak dibobgkar kami akan bongkar,” tandasnya. 

Sementara itu, pada bulan Ramadan ini, lanjut Fajar, pihaknya akan menertibkan para pekerja seks komersial (PSK) utamanya di sepanjang Jalan Imam Bonjol hingga Tawang. 

“Selama ini banyak warga yang mengeluhkan adanya prositusi di Jalan Imam Bonjol hingga Tawang. Dalam bulan puasa ini, kami akan menertibkan itu,” katanya. 

Lebih lanjut, pihaknya juga akan menertibkan baliho yang tidak berizin dan 

spanduk yang terpasang di pohon-pohon.

Selain Fajar Purwoto, sebanyak 13 pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) lainnya juga dipindahtugaskan. Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kota Semarang yang juga sebagai mantan Plt BKPP Kota Semarang, Masdiana Safitri mengatakan, dari pergeseran tugas tersebut, saat ini terdapat empat jabatan kepala dinas yang kosong. 

Empat dinas tersebut diantaranya Dinkes, Dispora, Dinas Perdagangan, dan Diskominfo.”Sementara ini digantikan pelaksana tugas (Plt) terlebih dahulu,” kata Masdiana. 

Dia menuturkan, BKPP selanjutnya akan melakukan lelang terbuka untuk mengisi kekosongan jabatan di empat dinas tersebut secepatnya. 

“Sesegera mungkin kami buka lelang terbuka, kami isi, dan langsung diumumkan,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan, pergantian jabatan ini diharapakn dapat mendorong kreativitas para pejabat di bidang yang baru. 

“Tour Of Duty, penyegaran, hal yang rutin. PNS yang sering menduduki jabatan yang sama perlu penyegaran. Tiga tahun, empat tahun rolling, semakin lama PNS disitu, maka kreatifitasnya akan semakin berkurang,” ujar Hendi, sapaan Wali Kota Semarang.

Adapun 14 pejabat yang dipindahtugaskan antara lain, Widoyono yang sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kini menjabat sebagai Assisten II Ekonomi Kesra Pembangunan. 

Fajar Purwoto yang sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan menjabat sebagai Kepala Satpol PP. Sedangkan Endro P Martanto yang sebelumnya Kepala Satpol PP Kota Semarang menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) menggantikan M Khadik. 

Sementara, M Khadik saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menggantikan Bambang Suranggono. 

Adapun Bambang Suranggono sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM menggantikan Litani Satyawati yang kini mendapat tugas sebagai Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). 

Selanjutnya, Sapto Adi Sugihartono yang sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan kini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggantikan Muthohar yang kini menduduki sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos). 

Nana Storada yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) juga menjabat sebagai Staff Ahli. Sementara Tri Supri yang sebelumnya menjabat sebagai Staff Ahli kini menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Ugl–st

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Masjid Taqwa Sekayu Tertua di Semarang Awalnya Bernama Pekayuan

Cedera Lutut, Fauzan Fajri Tak Bisa Perkuat PSIS Lawan Persija