in

Target Turunkan Kemiskinan 8,5 Persen

Juliari P Batubara

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Anggaran Kementerian Sosial (Kemensos) untuk tahun 2020 sebesar Rp 63 triliun. Melalui anggaran tersebut maka program harus tepat sasaran.

Beberapa program telah disiapkan untuk menurunkan angka kemiskinan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengatakan, anggaran Kemensos itu naik dari tahun ke tahun menjadi tantangan bagi Mensos agar benar-benar tepat sasaran.

“Anggaran itu besar, sehingga harus tepat sasaran. Pak presiden meminta bahwa, narasi yang dibangun adalah Indonesia maju, membangun SDM yang unggul sebagai kata kunci,” kata Juliari, di Semarang, Kamis (21/11/2019).

Ia mengungkapkan, data kemiskinan terus mengalami penurunan. Pada akhir 2018, lalu, angka kemiskinan 9,6 persen, membaik menjadi 9,4 persen pada Oktober 2019 ini.

Juliari menginginkan setiap kepala daerah dan jajaran Forkopinda untuk bersama-sama berkinerja membangun kualitas SDM dengan menurunkan angka kemiskinan. Tidak melulu berlomba membangun infrastruktur daerahnya.

“Setiap kepala daerah, Forkopinda saat dipilih yang pertama ditangani adalah kemiskinan. Kalau infrastruktur itu pasti (daerah) dapat semua, pasti kebagian (anggarannya), karena itu hanya politik anggaran saja,” bebernya.

Juliari menargetkan untuk 2020 angka kemiskinan bisa turun satu digit, dengan target optimis di angka 8,5 persen dan paling konservatif 9 persen.

“Sekarang masih 9,4 persen. Target penurunan kemiskinan RPJMN yaitu 8,5 sampai 9 persen, kalau saya gagal siap diganti,” tandasnya.Ugl–st

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Koridor 8 Trans Semarang Disambut Antusias Warga

PSIS Taklukkan Tuan Rumah PS Tira Persikabo