in ,

Nikmati Kolam Renang Bersumber Air Semanggis di Curug Semirang

Objek wisata Curug Semirang saat ini dilengkapi kolam renang yang dibangun oleh LMDH Semirang Indah. Foto : Budhi.

UNGARAN (Jatengdaily.com- Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Semirang Indah yang selama ini mengelola Curug Semirang di Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, membangun kolam renang untuk pengembangan objek wisata alam tersebut.

Selain kolam renang, LMDH Semirang Indah yang mendapatkan dana coorporate social responsibilty (CSR) dari PT PLN (Persero) sebesar Rp 70 juta juga membangun kedai kopi dan membeli peralatan camping yang disewakan kepada pengunjung.

Ketua II LMDH Semirang Indah sekaligus Ketua Pelaksana program CSR PLN, Rohadi Madip mengatakan Curug Semirang berada di lahan Perhutani. Selama ini sudah ada MoU antara Perhutani dengan LMDH untuk mengelola Curug Semirang. ‘’Kita diberikan kewenangan untuk mengelola, menjaga dan melestarikan alam yang ada di sini. Kita koordinasi Perhutani untuk mengembangkan Curug Semirang setelah mendapat dana CSR,’’ ujarnya, Jumat (14/6/2019).

Rohadi mengungkapkan, keberadaan Curug Semirang dahulu pernah booming. Tapi saat ini sudah meredup sehingga perlu dihidupkan kembali untuk menarik wisatawan dengan menambah wahana baru. ‘’Keluhan dari pengunjung, trek atau jalan menuju Curug Semirang terlalu naik sehingga yang bawa anak dan umurnya sudah tua tidak mampu ke sana. Kami bersyukur sekarang ada pengembangan signifikan,’’ ungkapnya.

Menurut Rohadi, dana CSR PLN untuk membangun kolam renang, kedai kopi, lahan parkir dan pembelian peralatan camping untuk disewakan seperti tenda dan matras. Kolam renang dibangun dengan ukuran lebar 5 meter, panjang 15 meter dan kedalaman 1 meter. ‘’Air kolam renang dari sumber air Semanggis, orientasi kita pengunjung anak-anak. Adanya wahana baru ini optimis kunjungan wisatawan meningkat, terbukti kita buka setelah lebaran kedua sampai sekarang jumlah pengunjung meningkat drastis,’’ katanya.

Manager PLN UPT Semarang, Rikardo Siregar mengatakan dana CSR untuk pengembangan Curug Semirang dikucurkan dua kali, yakni tahap I tahun 2018 sebesar Rp 75 juta dan tahap II Mei 2019 senilai Rp 70 juta. Bantuan tahap I untuk membangun toilet, balai pertemuan dan instalasi listrik, sedangkan tahap II untuk membangun kolam renang, tempat parkir, kedai kopi dan sarana camping.

‘’PLN berusaha memberikann kontribusi kepada lingkungan paling dekat dengan instalasi PLN melalui program CSR. Kebetulan objek wisata Curug Semirang lokasinya tidak terlalu jauh dari gardu induk PLN Ungaran, ada sekitar 4 tower 500 KV PLN di Desa Gogik sehingga wajar kita berikan dana CSR,’’ katanya saat mengecek kemajuan pengembangan Curug Semirang, Jumat (14/6/2019). rus-yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Dinsos Jateng Dukung Penutupan SK

Shohei Matsunaga Ingin Cetak Gol di Laga Kontra Bali United