PDIP Diprediksi Rebut 26 Kursi DPR Dapil Jateng, Caleg Artis Nasdem Keok

PDIP diprediksi masih akan mendominasi kursi DPR RI di Senayan. Foto: dok/wikipedia

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Prediksi 77 calon legislatif yang berpotensi maju ke Senayan muncul pascarekapitulasi suara di KPU Jateng berakhir. Dari 77 caleg tersebut, PDI Perjuangan diperkirakan memperoleh 26 kursi.

Prediksi berdasarkan data yang diambil dari DB-1 itu, PDIP mendapatkan 26 kursi, PKB 13 kursi, PPP 4 kursi, Golkar 11 kursi, Gerindra 8 kursi, Nasdem 5 kursi, PKS 5 kursi, dan Demokrat 5 kursi.

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, mengatakan pencapaian 26 kursi tersebut sudah melebihi target yaitu 23 kursi. Bagi PDIP, Dapil IV dan V Jateng menjadi yang paling banyak mendapatkan kursi di dapil V juga ada caleg dengan perolehan suara terbanyak di Jateng, yaitu Puan Maharani (404.304 suara).

Yang menarik, Partai Amanat Nasional (PAN) kemungkinan besar tak memperoleh kursi ke DPR RI. Padahal periode sebelumnya 2014-2019 PAN berhasil mendulang 8 kursi dari Dapil Jateng.

Jika nanti PAN tak kebagian kursi, maka kemungkinan putra ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, tidak mendapat kursi dari dapil Jateng VI.

Sementara itu Nasdem yang menggerakkan nama-nama artis untuk Caleg di Dapil Jateng justru keok. Partai Nasdem di Jateng kemungkinan besar akan memperoleh lima kursi, namun justru diisi nama-nama bukan selebritas yakni Fadholi, Lestari Moerdijat, Sri Wulan, Eva Yuliana, dan Sugeng Suparwoto.

Sedangkan caleg artis Nasdem yang diprediksi gagal lolos ke Senayan yakni Adly Fairuz, Cut Meyriska, Kartika Ayuningtyas , Hans Christians Hosman,Bertrand Antolin, Annisa Bahar Kristina, Ageng Kiwi, serta mantan petinju Chris John. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here