Petugas memusnahkan sarang tawon di rumah Ahmad Thohani, warga Desa Pecabean Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Foto: wing

PANGKAH (Jatengdaily.com)– Merebaknya populasi tawon mengakibatkan petugas pemadam kebakaran (damkar) di Kabupaten Tegal kebanjiran permintaan pemusnahan sarang.

Itu menyusul keresahan warga akan adanya sarang tawon yang dianggap berbahaya terutama saat lebah di dalamnya mengamuk. Seperti yang dilakukan petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tegal, Kamis (28/11/2019).

Petugas memusnahkan sarang tawon di rumah Ahmad Thohani, warga Desa Pecabean Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Menurut Ahmad Thohani, sarang tawon baru diketahuinya, Selasa (26/11/2019) siang.

Saat itu dirinya tengah membentulkan genting rumahnya. Dia pun kaget lantaran mendapati sarang tawon yang cukup besar.

“Kalau tawonnya sih belum pernah menyerang, namun saya khawatir ada apa-apa. Jadi saya laporkan ke petugas pemadam kebakaran,” katanya.

Sementara Kasi Damkar Kabupaten Tegal Ichda Airus Sofyan menyebutkan dalam beberapa hari terakhir pihaknya juga disibukan dengan penanganan sarang tawon. Dalam sehari bisa menangani lima sarang tawon di lokasi berbeda.

“Warga resah dengan keberadaan sarang tawon. Karena sengatannya cukup berbahaya,”ujarnya.

Menurutnya, saat menangani sarang tawon di rumah Ahmad Thohani, petugas terpaksa menjebol langit-langi. Itu karena sarang tawon menempel di plafon.

“Seperti yang sudah-sudah, sarang tawon dimusnahkan dengan cara menyemprotkan air bertekanan tinggi,” pungkasnya. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here