Bursa Transfer Liga Eropa Ditutup, Marak Peminjaman

Emre Can. Foto: twitter

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Bursa transfer pemain Liga Eropa musim dingin Januari 2020 ditutup Jumat Malam (31/1/2020). Sejumlah klub aktif membeli dan menjual pemain, namun tidak ada yang mempunyai nilai fantastis. Fenomena lain yang terjadi banyaknya klub yang beraksi pinjam meminjam pemain, medekati deadline penutupan bursa.

Dari pasar transfer pemain, tercatat cuma Manchester United yang sedikit menjadi sorotan penggila bola, ketika mendatangkan Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon dengan membayar uang muka sekitar 46,6 juta poundsterling (sekitar Rp839 miliar), dengan potensi bertambah menjadi 68 juta poundsterling (sekitar Rp1,22 triliun).

Di detik akhir bursa, MU juga mendatangkan penyerang Odion Ighalo dari klub China Shanghai Shenhua dengan status pinjaman hingga akhir musim. Peminjaman pemain berusia 30 tahun tersebut tidak termasuk opsi untuk mempermanenkannya di masa mendatang, menurut laporan Sky Sports Sabtu (1/2/2020).

Ighalo sebelumnya pernah membela klub Liga Premier Inggris Watford antara tahun 2014 hingga 2017, ia akan tiba di Inggris dari China pada akhir pekan. Ighalo pertama kali pindah ke klub Liga Super China Changchun Yatai, sebelum ia bergabung dengan Shanghai Shenhua pada Februari 2019.

Yang mengejutkan, adalah gelandang Juventus Emre Can yang selama ini juga diincat MU, malah memutuskan untuk hengkang ke Borussia Dortmund dengan kontrak peminjaman dengan obligasi pembelian oleh Dortmund senilai 30 juta euro (sekitar Rp 458 miliar) pada akhir musim.

AC Milan juga mengumumkan transfer winger asal Belgia, Alexis Saelemaekers dari Anderlecht dengan status pinjaman hingga akhir musim. AC Milan juga mendatngkan Diego Laxalt yang kembali dari masa peminjaman Torino.

Arsenal juga mendatangkan pemain dengan status pinjaman, yakni Cedric Soares dari Southampton. Leicester menandatangani Ryan Bennett dengan status pinjaman dari Wolves. Peminjaman juga terjadi ketika Atletico Madrid mendatangkan Yannick Carrasco dari Dalian Yifang serta Marko Pjaca dari Juventus ke Anderlecht.

Aksi Barcelona
Sementara itu Barcelona, yang baru melepas Carles Perez ke AS Roma, mendapatkan penggantinya. Mereka membeli Francisco Trincao, penyerang berusia 20 tahun, dari klub Portugal Braga. Pemain ini dibeli seharga 31 juta euro.

Trincao dikontrak selama lima tahun dengan banderol dalam kontraknya ditetapkan seharga 500 juta euro. Ia adalah top skor di Piala Eropa U-19 saat mengantar Portugal menjadi juara.

Barcelona juga mengonfirmasi pembelian gelandang Palmeiras, Matheus Fernandes. Namun, sang pemain baru akan hadir pada musim panas mendatang.

Pemain berusia 21 tahun itu ditebus dengan harga tujuh juta euro yang bisa melonjak menjadi 10 juta euro. Ia mendapat kontrak berdurasi lima tahun. Barcelona juga meminjamkan Moussa Wague ke Nice. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here