Corona Mewabah, Demak Tetap Panen Raya Padi dan Jagung

Salah satu lahan padi siap panen di Desa Kendaldoyong Wonosalam Demak, yang tak terpengaruh maraknya wabah corona. Foto: Jatengdaily.com/rie

DEMAK (Jatengdaily.com – Meski wabah corona tengah melanda, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah menjamin stok pangan khusus beras dan jagung aman. Salah satunya Kabupaten Demak, yang diperkirakan panen raya padi dan jagung pada Maret dan April.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak H Wibowo melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Heri Wuryanto menjelaskan, wabah corona kini memang tengah menjadi keprihatinan nasional bahkan dunia. Namun demikian, produksi pangan utamanya padi dan jagung harus tetap berlanjut, demi pemenuhan stok pangan.

Kabar baiknya, luas panen padi Kabupaten Demak yang merupakan daetah penyangga oangan Jateng, pada Maret seluas 26.876 hektar dan April seluas 865 hektar. Sementara luas panen jagung di bulan Maret seluas 1.282 hektar dan April seluas 27 hektar.

“Mengenai harga, gabah kering panen Rp 4.300 (blower), sedangkan jika panen menggunakan combine harvester harga sampai Rp 4.600 per kilogram,” ungkapnya, Senin (30/3/2020).

Tak hanya padi, karena kualitas cukup bagus harga jagung di daerah saat ini sangat menguntungkan petani. Disebutkan, harga jagung Rp 4.000 per kilogram untuk jenis pipilan kering.

Menurut Wibowo, kondisi yang membuat petani tersenyum tersebut berkat kinerja pemerintah khususnya Kementerian Pertanian, yang konsisten mendorong produksi, sekaligus menjamin harga.

Salah satu desa di Demak yang mulai panen padi pada Maret 2020 yakni Desa Kendaldoyong, Kecamatan Wonosalam. Dengan luas panen 200 hektar, produktivitasnya mencapai 8,10 ton per hektar gabah kering panen.

Sementara untuk jagung, salah satunya ada di Desa Karangawen Kecamatan Karangawen. Pada Maret ini pula sudah mulai panen jagung seluas 150 hektar dengan produktivitas rata-rata 7,50 ton per hektar pipilan kering. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here