Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Tokopedia hari ini, Selasa (24/11/2020) mengumumkan pembukaan pusat layanan pengguna Tokopedia Care di Semarang. Gedung Tokopedia Care terbesar di Indonesia ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, didampingi Pjs. Walikota Semarang, Drs. Tavip Supriyanto, M. Si. dan VP of Customer Excellence Tokopedia, Rudy Dalimunthe.

Ganjar mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi Tokopedia yang mendirikan pusat layanan pengguna di Semarang. Semoga bisa terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat. Tokopedia Care Semarang ini juga bisa dimanfaatkan para talenta lokal terbaik di Jawa Tengah untuk berkarya bagi Indonesia melalui teknologi.

Leontinus mengungkapkan, kurang lebih 1 dari 5 penduduk di Semarang sudah bertransaksi melalui Tokopedia. Animo signifikan ini membuat kami melihat adanya kebutuhan membangun Tokopedia Care di berbagai daerah, salah satunya di Semarang, Jawa Tengah; juga sebagai perwujudan satu dari tiga DNA Tokopedia, Focus on Consumer. ‘’Di Jawa Tengah sendiri, banyak talenta-talenta potensial yang didukung oleh berbagai universitas dan institusi pendidikan. Nantinya mereka dapat menjadikan Tokopedia sebagai pilihan tempat bekerja,” jelasnya.

Tokopedia kini telah menjadi rumah bagi lebih dari 4.500 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia). Di sisi lain, ada lebih dari 9,7 juta penjual yang hampir 100%nya UMKM bahkan 94%nya berskala ultra mikro. Setiap bulannya, perusahaan teknologi buatan Indonesia dengan marketplace terdepan ini dikunjungi lebih dari 100 juta masyarakat yang tersebar di 98% kecamatan di Indonesia.

Pusat layanan ini menerapkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) melalui chatbot yang dapat membantu menjawab segala pertanyaan pengguna secara lebih cepat dan tepat. Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan Digital Customer Service berbasis AI.

“Sesuai dengan komitmen #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia Care tersedia 24/7 melalui berbagai kanal, seperti email, media sosial, live chat dan Pusat Resolusi, sehingga kendala pengguna dapat ditangani secara cepat, tepat dan transparan. Ini demi memberikan layanan terbaik bagi pengguna yang telah memberikan kepercayaan kepada kami karena pada dasarnya Tokopedia adalah bisnis kepercayaan,” ungkap Rudy.

Tokopedia Care Semarang menyediakan fasilitas Service Experience Center bagi pengguna yang membutuhkan konsultasi secara langsung, namun saat pandemi seperti ini, layanan tatap muka dinonaktifkan sementara demi memenuhi protokol kesehatan dan ikut menekan laju penyebaran virus Covid-19.

Berkat berbagai upaya terbaik yang diberikan kepada penggunanya, Tokopedia pun dianugerahi sejumlah penghargaan internasional. Salah satunya pada ajang Customer Center World APAC 2020. Tokopedia juga mendapatkan medali emas untuk beragam kategori, termasuk Best Contact Center, Best Use of Self Service Technology, Best Technology Innovation dan berbagai pencapaian lainnya.

Berangkat dari semangat inklusivitas, Tokopedia Care Semarang memberikan kesempatan bagi siapa pun talenta terbaik di Jawa Tengah, tidak terkecuali perempuan dan difabel, untuk berkarya bagi Indonesia melalui teknologi.

Salah satunya, Triasa Senja, seorang ibu tunggal yang bergabung menjadi Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) di Tokopedia Care Semarang. “Sejak bergabung, saya mendapatkan kesempatan untuk membangun kepercayaan pengguna dan memberikan solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari lewat Tokopedia,” jelas Triasa.

Ada juga Immanuel Yoga. Walau menggunakan kursi roda, Yoga tetap bersemangat dalam berkarya melalui Tokopedia Care Semarang. “Tokopedia membuka kesempatan bagi siapa pun, termasuk difabel seperti saya, untuk berkontribusi ke perekonomian digital nasional. Gedung Tokopedia Care juga memiliki infrastruktur yang sangat ramah difabel,” ujar Immanuel. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here