IKA SMA Negeri 1 Demak Berbagi

Perwakilan IKA SMA Negeri 1 Demak saat menyerahkan bantuan pangan kepada siswa-siswi terdampak covid-19 dan diterima Kepala Sekolah Agus Purwoko. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Pandemi Corona yang belum tahu sampai kapan telah mengundang empati banyak kalangan. Satu di antaranya Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Demak, berinisiatif turut meringankan beban mereka yang terdampak covid-19, dengan berbagi paket bahan pangan juga alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan (nakes).

Sekretaris IKA SMA Negeri 1 Demak HM Agus Nugroho LP menyampaikan, sungguh memprihatinkan melihat tren kasus covid-19 masih meningkat setiap harinya di negeri ini. Walau ada 16 pesien covid-19 di Kabupaten Demak dinyatakan sembuh, namun kewaspadaan harus tetap dijaga agar tak terjadi ledakan utamanya pascaperayaan Idul Fitri. Yakni saat gelombang mudik tak terbendung.

“Reedukasi pada masyarakat harus selalu diintensifkan. Masyarakat mesti terus diingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19, agar virus yang belum ketemu vaksinnya itu tak semakin menyebar,” ujar Agus Nugroho yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak itu, didampingi Pengurus IKA SMA Negeri Demak H Nuryono Prasetyo.

Parahnya lagi, tak hanya menyebabkan kematian bagi mereka yang rentan, wabah corona juga telah berdampak pada sektor sosial ekonomi. Tak sedikit masyarakat kehilangan pekerjaan dan penghasilan, karena perusahaan tempat berkerja tutup demi mencegah penyebaran corona.

Atas nama kemanusiaan, relawan IKA SMA Negeri 1 Demak telah menyalurkan bantuan sebanyak 233 paket bahan pangan. Terdiri dari 120 paket untuk siswa dan 113 paket untuk masyarakat sekitar. Distribusi dilakukan selama satu minggu.

Penyerahan simbolis dilakukan di SMA Negeri 1 Demak, IKA SMA Negeri 1 Demak diwakili oleh Agus Nugroho didampingi Nuryono Prasetyo, yang kini menjabat anggota DPRD Demak. Sementara dari pihak sekolah diwakili Kepala Sekolah Agus Budi Purwaka.

“Awalnya kegiatan ini dilakukan oleh alumni tahun 2005 yang sudah membagikan APD dan 100 paket sembako pada awal Ramadhan. Kemudian menjadi semakin besar dan melibatkan berbagai angkatan, dari angkatan pertama hingga angkatan 53 (lulusan 2017),” ungkap Agus Nugroho.

Kegiatan yang tadinya hanya mayoritas merupakan kontribusi para alumnuntuk siswa SMA Negeri 1 Demak dan warga sekitar yang terdampak covid-19, diharapkan setelah Idul Fitri mampu menggalang bantuan dalam bentuk yang lebih luas. Yaitu masyarakat Demak secara umum dan didistribusikan kepada semua yang membutuhkan.

“Sehingga maksud dan tujuan kami ‘Dari Masyarakat, untuk Masyarakat, dan oleh Masyarakat’ dapat menjadi lebih bermanfaat bagi yang membutuhkan. Di sisi lain diharapkan pula semakin banyak warga Kota Wali yang mampu yang tadinya belum ikut serta, dapat mengambil bagian dalam pemberian donasi. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here