Ilustrasi pesawat. Foto: JD/adri-she

JAKARTA (Jatengdaily.com)-  Imbas dari  virus corona, berdampak pada sejumlah sektor perdagangan, pariwisata, dan jasa. Kondisi ini membuat pemerintah akan menyiapkan sejumlah langkah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi pada kuartal  pertama 2020.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (6/2/2020) mengatakan, penurunan tarif tiket pesawat menjadi salah satu yang dikaji. Hal ini terkait dengan upaya untuk mendongkrak ekonomi di sejumlah destinasi wisata.

Kondisi ini menyusul penutupan jalur penerbangan dari dan ke China. Juga imbas dari Corona, yang menyebabkan kunjungan turis asing yang menurun jumlahnya di Indonesia.

Hal sama ditegaskan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, di Jakarta, Kamis (6/2/2020). Menurutnya, pemerintah pun mengambil langkah antisipasi atas imbas tersebut. Salah satunya meminta maskapai untuk memberikan diskon tiket pesawat untuk ke beberapa tujuan di Indonesia.

“Pemerintah juga mengambil langkah dari Kementerian Perhubungan, domestik penerbangan untuk memberikan diskon khusus untuk destinasi ke Bali, Sulawesi Utara dan Bintan. Ini sudah disampaikan oleh Menhub tadi. Karena 3 daerah wisata itu relatif ada penurunan,” katanya.

Staf Khusus  Menhub Adita Irawati menambahkan, saat ini belum ada kalkulasi pemberian diskon. Diharapkan kalkulasi itu bisa ditemukan dalam kurun waktu seminggu ke depan. Sementara terkait berapa diskon, pemerintah memberikan sepenuhnya keputusan itu ke tangan maskapai.

Adita menambahkan ada 5 maskapai yang melayani penerbangan langsung RI-China, yakni Sriwijaya, Lion, Batik, Garuda dan Citilink. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here