Menikmati Sensasi kopi gula aren di Pulosari, Pemalang. Foto: wing

PEMALANG (Jatengdaily.com)- Beragam cara dilakukan untuk menikmati kopi. Menambahkan bahan makanan lain untuk cita rasa juga dilakukan. Salah satunya dengan gula aren yang memiliki banyak khasiat.

Menikmati kopi dengan gula aren makin digemari para penikmat kopi di Pemalang. Selain rasanya yang enak, juga memiliki sensasi tersendiri.

Hal itu disampaikan Wasito Al Hasan, petani kopi di Dukuh krajan Desa Pulosari Kecamatan Pulosari, Pemalang yang juga membuka kedai kopi khas pegunungan tersebut.

Dikatakannya, saat ini penikmat kopi banyak yang menggunakan gula aren, karena rasanya lebih nikmat.

“Perpaduan kopi pegunungan dengan gula aren, untuk rasa sangat pas,” katanya, Rabu (19/2).

Banyak pelanggan yang datang untuk menikmati sensasi kopi Pulosari dengan gula aren. Penikmat kopi tersebut makin bertambah banyak, karena merasakan sensasi rasa yang enak dan pas.

“Biasanya kopi dengan gula aren tersebut, untuk jenis robusta,” imbuhnya.

Secangkir kopi sekitar 10 gram, ditambah gula aren sesuai selera. Meningkatnya pelanggan kopi, memberikan semangat petani kopi yang ada di Pulosari, untuk lebih mengembangkan potensinya.

Sarwo, penikmat kopi menyampaikan, kopi dengan gula aren ini memiliki rasa yang berbeda dari kopi dengan gula putih. Sensasi yang dihasilkan menambah cita rasa yang pas, sehingga sangat enak dinikmati. “Rasanya enak, khas serta pas,” katanya. wing-she