Peduli Pendidikan Islam, Mahasiswa Bantu Siswa MADIN

Mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang, mendampingi kegiatan pembelajaran di Madrasah Diniyah (MADIN) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Muttaqin Desa Jomblang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Foto: dok

BLORA (Jatengdaily.com) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan Agama Islam, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler yang ke-75 Dari Rumah (KKN RDR 75) UIN Walisongo Semarang, turut mendampingi kegiatan pembelajaran di Madrasah Diniyah (MADIN) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Muttaqin Desa Jomblang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora.

Tepatnya sejak awal pengabdian hingga saat ini kegiatan pendampingan belajar adek-adek MADIN dan TPQ Al-Muttaqin oleh Mahasiswa KKN RDR 75 sedang berlangsung.

Kegiatan ini diapresiasi baik oleh pihak yayasan, sehingga di awal pengabdian mahasiswa KKN disambut dengan meriah oleh seluruh keluarga besar Yayasan Al-Muttaqin. Tak terkecuali Amin selaku Kepala Sekolah Madin. Bahkan mahasiswa KKN disediakan kelas khusus dan santriwan-santriwati khusus untuk melaksanakan pengabdian.

“Silahkan nanti mengajar di kelas khusus dengan target hafalan surat-surat pendek, do’a sehari-hari, dan bacaan sholat,” tutur bapak Amin kepada mahasiswa KKN

Dengan amanah tersebut mahasiswa KKN mengambil strategi menghafal cepat dan menyenangkan. Yakni dengan membimbing untuk membaca secara berulang-ulang sampai lancar lalu mempraktikkannya dengan sebuah lagu.

Metode pembelajaran menghafal ini dirasa sangat efektif karena dengan membaca secara berulang-ulang dengan otomatis akan terekam oleh memori otak, apalagi kalau dipraktikkan dengan sebuah lagu. Hal tersebut akan menambah semangat serta mempercepa daya ingat sang anak.

“Senang banget di ajar oleh mbak KKN, aku jadi semangat masuk Madin dan menghafal. Kalau bisa mbak mengajar aja disini selamanya” tutur Jeni salah satu santriwati Madin Al-Muttaqin.
Penulis: Siti Badriyah-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here