in

Polines Berkolaborasi dengan Dunia Industri Siapkan Lulusan Cepat Kerja

Sejumlah narasumber dalam diskusi bertajuk Siapkah Lulusan Polines Menghadapi era Revolusi Industri 4,0. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Direktur Politeknik Negeri Semarang (Polines), Ir Supriyadi MT mengatakan, untuk mengantisipasi  perubahan teknologi dan globalisasi Perguruan Tinggi harus melakukan pendekatan dengan cara link and match atau menjalin kemitraan dengan berbagai pihak.

Pasalnya menurutnya, kemitraan antara perguruan tinggi dengan berbagai industri dan dunia kerja (iduka), sangat diperlukan. Sinergitas tersebut, untuk meningkatkan mutu dan kualitas lulusan agar kompetensi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga mudah bekerja.

‘’Kemitraan itu bisa   dengan konsumen, perusahaan, media, pelaku usaha dan stakeholder. Misalnya, saat kita bekerjasama dengan dunia industri maka yang dilakukan adalah mengembangkan kurikulum yang berbasis pada dunia industri, yang didalamnya ada magang, kerjasama penelitian, dan peluang masuknya lulusan kami kerja di mereka,’’ jelasnya, Rabu (18/11/2020), dalam diskusi bertajuk Siapkah Lulusan Polines  Menghadapi era Revolusi Industri 4,0.

Lebih lanjut menurutnya, Polines berusaha maksimal dengan menciptakan link and match antara perguruan tinggi dengan dunia usaha/industri. Kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi semacam irisan yang menjembatani antara program perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia usaha/industri.

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Kerjasama Polines Drs Budi Prasetya MSi. Menurutnya, kemitraan dengan industri dan dunia kerja  menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindari di era industri 4.0.

“Kolaborasi dan sinergitas dengan Iduka ini sangat penting untuk meningkatkan mutu dan kualitas lulusan agar kompetensi mereka sesuai dengan yang dibutuhkan. Kami sudah sejak lama bekerjasama dengan Iduka, terlebih sejak pemerintah semakin mendorong sinergitas antara pendidikan tinggi vokasi dengan Iduka,” imbuhnya.

Hadir juga dari  kalangan dunia usaha dan industri yakni Manager Solution EGBIS TR4 Jateng dan DIY PT Telkom Indonesia Drive IV Jateng Aji Widyo Utomo, Pemimpin BNI Kantor Cabang UNDIP Dwi Wahyu Sejati, dan Director of Marketing and Production Divisioan PT Mekar Armada Jaya (New Armada Magelang), Edy Jusuf Oekasah.

Director of Marketing and Production Divisioan PT Mekar Armada Jaya (New Armada Magelang), Edy Jusuf Oekasah mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi, termasuk Polines. Dia mengatakan, perusahaanya menerima magang mahasiswa sampai merekrut lulusan Polines. ‘’Bahkan untuk tahun ini kami merekrut 10 mahasisw Polines,’’ jelasnya.

Dikatakan, untuk urusan magang misalnya, mahasiswa dituntut untuk serius dan disiplin. ‘’Kita keras mahasiswa magang malas dikeluarin. Kemandirian dan cepat belajar menjadi pilar pertama, juga kedisiplinan dan siap berkompetisi dan punya integritas,’’ jelasnya.

Sementara itu, dari BNI sendiri, Pemimpin BNI Kantor Cabang UNDIP Dwi Wahyu Sejati, mengatakan, pada dasarnya pihaknya memberi support bagi para mahasiswa. Termasuk diantaranya, memberi bantuan untuk kemandirian mahasiswa berwirausaha, yang saat ini telah dilakukan dengan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan akan dilakukan kepada sejumlah perguruan tinggi lain. She

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Kompetisi Berhenti, Bek PSIS Ternak Bebek

Gibran Siap Disuntik Vaksin Covid-19 Pertama Kali