4 Wakil Rektor Dilantik, Untag Gencarkan Peluang Kolaborasi

Para Wakil Rektor Untag yang dilantik untuk masa jabatan 2021 - 2025 telah mengucapkan janji jabatan di depan Rektor Untag Prof Suparno. Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Setelah Rektor Universitas 17 Agustus 1945 (untag) Semarang Dr Drs Suparno MSi dilantik Ketua Pengurus Yayasan beberapa waktu lalu, kini gantian melantik empat Wakil Rektor di Graha Kebangsaan kampus Untag, Kamis (14/01/2021).

Empat wakil rektor yang dilantik, tiga personel pejabat lama. Sedangkan satu wakil rektor pejabat baru, yakni Prof Dr Emiliana Sri Pudjiarti, SE, MSi sebagai Wakil Rektor bidang akademik menggantikan Dr Sigit Irianto, SH MHum yang kini menjabat sebagai Kaprodi Magister Kenotariatan Untag , serta melantik kembali dalam jabatan yang sama pada periode kedua untuk masa jabatan 2021 – 2025 kepada Dra Giyah Yuliari, MM, selaku Warek bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Drs Harsoyo, MSi sebagai Warek bidang kemahasiswaan, serta Prof Dr Retno Mawarini Sukmariningsih, SH. MHum sebagai Warek bidang Pengembangan dan Kerjasama.

Dalam sambutannya Prof Suparno menuturkan bahwa perubahan merupakan hal lumrah terjadi dalam sebuah organisasi. Saat ini, kita tengah berada di situasi pandemi yang menuntut perguruan tinggi untuk bertransformasi gesit menghadapi perubahan yang terjadi di luar, sehingga improvisasi dibutuhkan untuk menyongsong kompetisi global.

Pandemi ini membuka peluang kolaborasi yang sangat luas, didukung dengan peningkatan pemanfaatan information comunication teknologi. Maka pada kesempatan ini Untag terus menggencarkan kerjasama dan memanfaatkan peluang kolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi lain, pemerintah maupun pihak swasta, baik kerjasama dibidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, yang menjadi penting untuk saat ini.

Untuk menguatkan itu semua, dibutuhkan point of contact. Para wakil rektor merupakan point of contact yang sangat penting. Kerjasama tim sangat dibutuhkan di dalam menangkap ragam kesempatan di musim pandemi ini.

Pada kesempatan itu, Prof Suparno juga mengajak semua jajaran pimpinan baik di tingkat rektorat maupun dekanat untuk saling bergandeng tangan membangun Untag yang kita cintai ini melalui 3 program dasar yakni 1. Mutu pendidikan dan lulusan. 2. SDM yang mumpuni baik dosen maupun Tendik. 3. Sarana dan prasarana yang berbasis IT.

Ketiga program dasar tersebut diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi baik pengetahuan, keterampilan dan attitud yang bagus untuk siap kerja. Untuk mendukung hal tersebut, maka sistem penjaminan mutu baik internal maupun eksternal yang didukung oleh Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) fasilitasnya harus disiapkan.

Di samping itu, literasi yang terkait dengan literasi baru juga harus dipersiapkan, seperti literasi data, literasi teknologi dan literasi manisia. Maka untuk mewujudkan itu semua, secara bertahap perlu disusun perencanaan yang matang dalam bentuk roadmap pengembangan.Untag Semarang untuk periode 2021 – 2025, dan tentunya akan diikiti oleh semua fakultas untuk menyusun roadmap juga. tuturnya. st