Asrama Haji Donohudan Siap Jadi RSDC, Pasien Isoman Diimbau Masuk Isoter

Asrama Haji Donohudan Boyolali. Foto: yanuar

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan langsung pembangunan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) di Asrama Haji Donohudan (AHD) Kamis (5/8/2021).

Hadir mendampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maemoen, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, serta Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf Deddy Suryadi.

Menurut Dandim Boyolali 0724 Boyolali Letkol Arm Ronald Siwabessy, kunjungan Menko Marves sempat memberikan arahan terkait penarikan warga positif yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah untuk dikirim ke isolasi terpusat (isoter).

Menurut Menko Marves salah satu kunci untuk menyelesaikan pandemi COVID-19 ini, menarik isoman-isoman menuju ke isoter. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus varian Delta yang sangat cepat penularannya.

“Saya sudah meminta anggota apabila kita ditakdirkan kena positif COVID-19, saya minta (mereka) masuk isoter. Jika di rumah akan menulari di sekitar kita,” kata Dandim.

Dijelaskan Dandim Letkol Arm Ronald Febriano Siwabessy yang mendampingi kunjungan, menyampaikan bahwa AHD sudah siap menjadi RSDC untuk masyarakat Jawa Tengah yang tengah isolasi. Saat ini saja, masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di AHD sejumlah 320 yang berasal dari Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo, serta masih ada 364 tempat tidur yang masih kosong.

“Jadi rumah sakit darurat sampai dengan saat ini sudah banyak yang selesai perbaikan arsitektural seperti plafon dinding lantai itu sudah selesai. HCU pagi ini sudah selesai. Biotank pembuatan limbah manusia sudah. Kemudian isotank juga sudah,” katanya seperti dilansir laman resmi pemkab boyolali.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan kapan RSDC tersebut mulai beroperasi. Hal tersebut mengingat masih menunggu dropping alat-alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan yang mana pada saat ini baru terisi 15 persen alat kesehatan yang dimiliki oleh RSDC AHD. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar pasien yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 dapat melakukan isolasi mandiri terpusat.

“Salah satu kunci untuk kita menyelesaikan pandemi ini adalah penarikan isoman-isoman yang menuju ke isoter. Jadi itu kuncinya untuk mencegah penyebaran. Karena ini varian Delta jadi penarikan itu harus sini (AHD) dan masyarakatpun harus taat,” ujarnya.

Dilanjutkan olehnya, mengenai vaksinasi pihaknya menyebut bahwa kini pemerintah menargetkan 10.000 vaksin per hari untuk setiap kabupaten. Diharapkan dengan demikian, target vaksinasi di Kabupaten Boyolali dapat tercapai 70 persen dari total 16,41 persen vaksinasi pada bulan sebelumnya.

“Target selesai vaksinasi yang jelas tadi disampaikan paling tidak di jajaran Soloraya itu Bulan Agustus sudah mencapai 70 persen,” ungkapnya.

Adanya vaksinasi 10.000 orang per hari ini akan diupayakan oleh pemerintah pusat dengan dropping vaksin yang cukup besar pada Bulan Agustus ini. yds