Kiki, Bocah Demak yang Didiagnosa Kanker Tulang Dirujuk Lagi ke RSUP Dr Kariadi

Kiki Triyatno di atas ambulans RSUD Sunan Kalijaga saat akan dirujuk ke RSUP Dr Kariadi Semarang dengan kawalan voorijder Polres Demak, untuk menjalani kemoterapi lutut kirinya yang didiagnosa menderita kanker tulang. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Kiki Triyatno (11), bocah asal Demak yang lututnya membesar setelah tersandung dan didiagnosa kanker tulang, kembali dirujuk ke RSUP Dr Kariadi Semarang, Selasa (28/9/2021). Bocah warga Dukuh Krajan RT 03 RW 01 Desa Kalikondang Kecamatan Sayung itu dijadwalkan kemoterapi, sebagai rangkaian penyembuhan bengkak di lutut kirinya yang didiagnosa kanker tulang.

Menggunakan ambulans RSUD Sunan Kalijaga Demak, Kiki menuju RSUP Dr Kariadi Semarang ditemani kedua orangtuanya, Asyhari (44) dan Karyati (40). Istimewanya, Kiki tak sendiri. Sebab ada pengawalan voorijder dari Satlantas Polres Demak, agar perjalanan siswa kelas V MI Tanwirudh Dholam itu lancar hingga tujuan.

Humas RSUD Sunan Kalijaga Demak dr Abdurrahman menjelaskan, kondisi umum Kiki setelah empat hari menjalani perawatan di RSUD Sunan Kalijaga cukup baik. “Secara umum fisik pasien sudah membaik, termasuk peningkatan gizinya. Sehingga pasien siap dan bisa dirujuk ke RSUP Dr Kariadi untuk menjalani kemoterapi,” jelasnya.

Kabar membaiknya kondisi Kiki pun disampaikan pihak RSUD Sunan Kalijaga ke Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono. Sebagai wujud syukur, kapolres segera menginstruksikan anggotanya menyiapkan pengawalan.

“Seperti telah disampaikan, kami siap mengawal adik Kiki dalam proses pengobatan sakit di lututnya. Termasuk memberinya semangat untuk sembuh. Maka agar lancar di perjalanan dan selamat sampai tujuan, kami siapkan voorijder dari anggota satlantas,” kata Kapolres Budi Adhy Buono.

Tak lupa dipanjatkan pula doa untuk kesembuhan Kiki. Di samping ketabahan kedua orang tua Kiki, agar senantiasa menyemangati putera sulung mereka untuk sehat dengan tekun menjalani rangkaian kemoterapi.

Senada disampaikan koordinator Komunitas Omah Harapan Demak (KOHD) Haryanto, yang setiap saat memantau perkembangan medis Kiki Triyatno. Tak lupa disampaikan terimakasih kepada semua relawan utamanya para dermawan yang telah berdonasi untuk kesembuhan Kiki, hingga per 27 September 2021 telah terkumpul donasi senilai Rp 22 juta.

“Sebagian telah kami berikan kepada ayah Kiki untuk (uang) pegangan selama menemani perawatan di RSUD Sunan Kalijaga. Selain juga membeli mainan truk oleng, yang sempat diminta Kiki agar tak bosan selama di rumah sakit,” terangnya.

Sedangkan sisanya, menurut Haryanto, akan diserahkan setelah donasi ditutup. Sembari melihat progres tindakan medis.

Seperti diberitakan, bermula dari terjatuh karena tersandung, lutut kiri Kiki membesar setelah dipijat kan. Karena kesulitan biaya hidup, Kiki yang semula sudah dirujuk ke RSUP Dr Kariadi Semarang pulang kembali dan menjalani rawat jalan. rie-yds