Lapas Kelas 1 Semarang Tambah CCTV, Cegah Penyelundupan Narkoba dan HP

Lapas Kelas 1 Semarang Kedungpane Semarang menambah pemasangan CCTV untuk mencegah penyelundupan barang terlarang yang sering dilempar melewati tembok. Foto: adri

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menambah pemasangan kamera pengawas atau CCTV di setiap sudut area tembok terluar Lapas, Jumat (8/10/2021).

Pemasangan ini dimaksudkan untuk memperkuat pengawasan terutama pada tembok terluar lapas atau beranggang. Kalapas Semarang, Supriyanto menjelaskan bahwa dengan pemasangan CCTV petugas dapat mengontrol secara berkala situasi setiap lingkungan lapas.

Namun hal tersebut tidak membuat petugas melalaikan tugasnya. Petugas tetap harus melaksanakan kontrol secara langsung kondisi dan keamanan lingkungan.

“Hal ini penting untuk membantu deteksi dini gangguan keamanan serta membantu petugas dalam melakukan pengawasan secara optimal,” ujar Supriyanto.

Lapas Semarang rawan adanya penyelundupan barang terlarang seperti telepon genggam dan narkoba. Akhir-akhir ini, masih sering terjadi upaya penyelundupan narkoba dengan cara melempar melalui tembok luar lapas.

Sementara penambahan kamera pengintai ini akan terus dilakukan. Sebab, masih ada beberapa titik yang belum terpantau. Sementara di Lapas Semarang sudah terpasang 54 kamera pengintai yang tersebar di berbagai sudut Lapas.

”Kita tambah lagi 6 kamera CCTV pada tembok belakang lapas yang bersampingan dengan lahan kosong warga sekitar. Secara bertahap akan dilengkapi,” katanya.

Supriyanto menjelaskan, selain menggunakan CCTV, lapas juga mengawasi dari atas tembok. Petugas yang bertugas mengawasi itu dilengkapi dengan senjata laras panjang. Pihaknya akan terus berupaya menekan angka pelanggaran yang terjadi Lapas. adri-yds