Ketua PAPDI Cabang Semarang, Hery Djagat Purnomo saat mengawal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan bersama Dinkes Kota Semarang di Hotel Tentrem. (Foto: istimewa)

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Semarang, ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi.

‘’Kami mendukung program pemerintah untuk mencapai percepatan program vaksinasi untuk kekebalan imunitas (herd immunity) pada masyarakat, dengan cara lewat sentra vaksinasi yang mudah diakses,’’ jelas Ketua PAPDI Cabang Semarang, Dr. dr. Hery Djagat Purnomo, SpPD, K-GEH, FINASIM, Jumat, 8 Oktober 2021.

PAPDI Cabang Semarang turut berpartisipasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di Hotel Tentrem Semarang.

Saat mengawal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut, Hery Djagat mengatakan, pihaknya juga berkerjasama dengan Hotel Tentrem, sebagai tempat vaksinasi, dengan layanan yang nyaman.

‘’Ini langkah strategis kami. Kami ikut mendukung dengan menyiapkan tenaga medis dengan lancar dan aman dan keselamatan masyarakat. Sebanyak 15 tenaga vaksinator dan ahli penyakit dalam kami turunkan, juga didukung tenaga medis dari Puskesmas dan Dinkes,’’ jelas dr Djagat yang saat mengawal tersebut, juga ikut melakukan vaksinasi langsung ke warga.

Menurutnya, acara ini juga merupakan bentuk pengabdian masyarakat, juga dalam rangkaian Kongres PAPDI (KOPAPDI) XVIII Semarang tahun 2022 ini yang rencananya akan digelar Juli 2022 mendatang, acara Konggres Nasional ini, rutin dilakukan tiga tahunan.

Selain di Hotel Tentrem, partisipasi PAPDI dalam mendukung vaksinasi Covid-19 juga berlangsung di Kecamatan Genuk.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Semarang, dr Abdul Hakam SpPD yang hadir dalam kesempatan ini mengatakan, kegiatan vaksinasi ini adalah kolaborasi yang kita inginkan. ‘’Karena Dinkes,  tidak bisa menyelesaikan sendiri. PAPDI dalam hal ini membantu percepatan vaksinasi. Teman-teman PAPDI sudah dimulai hari Senin kemarin di  Kecamatan Genuk, hari ini di Hotel Tentrem. Hari ini ditargetkan 2.000 orang mendapat vaksinasi,’’ jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kota Semarang untuk vaksinasi dosis I mencapai 102 persen, sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua 70 persen.

Tidak hanya warga dari dalam kota Semarang, namun menurutnya, juga melayani seluruh warga termasuk dari luar kota. ‘’Untuk yang luar kota saja, mencapai 34 persen,’’ jelasnya.

Untuk seluruh sentra yang ada di Kota Semarang, ditarget bisa melayani vaksinasi mencapai 20.000 setiap harinya.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku senang mendapatkan vaksinasi dengan mudah. Misalnya, Aditya Saputro, warga Sambiroto, Tembalang Kota Semarang, yang ikut vaksinasi dosis kedua. ‘’Saya senang, mudah dan layanannya serta tempatnya nyaman dan cepat,’’ jelasnya.

Begitu juga Cita Komala, seorang mahasiswa yang juga ikut  vaksinasi Covid-19, dosis kedua tersebut.  she