Presiden Joko Widodo menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021). Foto: setpres

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Presiden Joko Widodo menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/8/2021).

Pada acara tersebut Presiden mengajak pramuka Indonesia optimis menatap masa depan untuk bersama keluar dari pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi.

“Kunci utama untuk bisa keluar dari pandemi ini adalah kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal,” kata Presiden dalam amanatnya.

Kepala Negara mengatakan, anggota pramuka harus bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Jika ada yang tidak patuh, harus diberi pengertian dan penjelasan. Pramuka Indonesia diminta untuk berada dibarusan terdepan melindungi diri, teman, dan keluarga.

“Kalau ada teman yang tidak mematuhi protokol kesehatan, diingatkan. Kalau ada teman yang sudah berusia 12 tahun yang belum divaksin, ajak untuk segera divaksin. Pramuka Indonesia harus menjadi pelopor kedisiplinan terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan disiplin untuk menghindari kerumanan,” ujar Presiden.

Tahun ini merupakan tahun kedua memperingati Hari Pramuka dalam suasana pandemi. Biasanya, Hari Pramuka diperingati dengan upacara di lapangan dan diikuti peserta lengkap. Namun, sekarang ini dilakukan secara virtual dari tempat masing-masing dengan jumlah yang dibatasi.

“Disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kita semua terlindungi dari penyebaran virus covid-19. Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota pramuka diseluruh Tanah Air Indonesia karena dimasa pandemi ini pramuka bahu-membahu dengan seluruh elemen bangsa membantu penanganan pandemi dilingkungannya masing-masing,” terang Presiden,

Menurut Presiden, sikap tersebut merupakan jiwa pramuka sejati dan rela berkorban untuk membangun sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, dan golongan. Pramuka Indonesia harus menjadi contoh, menjadi teladan, tangguh menghadapi setiap tantangan, serta menggalang kepedulian pada sesama.

“Saya ingin menitipkan pesan pada segenap anggota pramuka Indonesia, giatlah belajar, dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya. Selalu adaptif mengejar kemajuan teknologi, mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel dan harus cerdik,” jelas Presiden.

“Jangan pernah lupa dengan identitas bangsa, membangun karakter kebangsaan yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai pancasila yang sejati. Menjaga NKRI dan juga merawat kebinekan. Pramuka Indonesia juga harus optimis melihat masa depan, terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia,” tambah Presiden, dilansir dari kemenpora.

Ikut hadir secara virtual Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. Sementara, Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso beserta para peserta upacara lainnya mengikuti kegiatan melalui konferensi video. Seluruh rangkaian tersebut menerapkan protokol kesehatan. she