Vaksinasi lansia di Cilacap. Foto: Humas

CILACAP (Jatengdaily.com)– Sebanyak 2.624 orang warga lanjut usia di Kabupaten Cilacap telah menjalani vaksinasi massal tahap II yang diselenggarakan di Gedung Patra Graha, Komperta Donan, akhir pekan kemarin. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pramesti Griana Dewi. Menurutnya, jumlah tersebut telah melebihi target vaksinasi, yakni 1.100 orang penerima vaksin per hari.

“Kita tahu target di Cilacap sangat tinggi sehingga perlu upaya percepatan agar bisa terbentuk herd immunity,” kata Pramesti, dilansir Selasa (8/6/2021).

Rincian penerima vaksin Covid-19 tersebut, imbuhnya, adalah 1.044 orang divaksin pada pertama dan 1.580 orang divaksin pada hari kedua. Mereka adalah warga Kecamatan Cilacap Utara sebanyak 430 orang, Cilacap Selatan (388 orang), Cilacap Tengah (409 orang), karyawan Pertamina (1.164 orang), personil Lanal dan anggota Jalasenastri (32 orang), personil Kodim dan Persit Kartika Candra (tujuh orang), serta personil polres dan anggota Bhayangkari (194 orang).

Tidak hanya melalui vaksinasi massal, Dinas Kesehatan juga melakukan program vaksinasi di setiap kecamatan. Pola jemput bola tersebut dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik bagi warga lansia.

“Kalau mengundang lansia ke satu tempat di kota ini terlalu jauh. Sehingga lebih efektif kalau tim faskes berkunjung ke desa,” kata Pramesti.

Sementara itu, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menilai penanganan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cilacap berjalan cukup baik. Demikian pula kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Panglima berpesan kepada anggota TNI dan Polri untuk senantiasa membantu Pemkab Cilacap dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Pelaksanaan kegiatan (prokes) yang ada di Cilacap ini untuk memitigasi varian baru yang kita takutkan ternyata bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak sampai terjadi mutasi ke masyarakat. Kami berpesan juga kepada Bupati, terus laksanakan tracing dan 3M,” tegasnya. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here