in

KKN-T Undip Peduli Cianjur Sumbang Sumur Bor untuk Warga Cibereum Cianjur

Ketua P2KKN Undip Kurniawan Teguh Martono menyerahkan dokumen serah terima sumur bor kepada Ketua DKM Masjid Al Falah desa Cibereum Haji Aeng disaksikan kepala desa Cibereum Asep Nahdoh. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Diponegoro (Undip) Peduli Cianjur berhasil menyelesaikan pembuatan sumur bor untuk warga Cibereum, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip, Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T., menyerahkan bantuan sumur bor dan tiga Taman Baca Ceria kepada Kepala Desa Cibareum, Asep Nahdoh belum lama ini.

Sumur bor ini sangat dinantikan oleh warga Desa Cibareum, mengingat sejak bencana gempa bumi November lalu warga kesulitan mendapat air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami berharap sumur bor ini bermanfaat bagi warga Cibereum, karena kami dengar warga kesulitan mendapatkan air. Rektor Undip sangat mengharapkan tim KKN-T ini hadir di saat seperti ini, saat warga membutuhkannya,“ kata Prof Jamari, Minggu (19/2/2023).

Menurutnya, Undip hadir bersama warga untuk bangkit kembali di tengah yang lain sudah sebagian besar meninggalkannya. Undip ingin hadir disini” kata Prof Jamari.

Sumur bor ini berada di lingkungan Masjid Jami’ Al Falah RT 04 RW 01, Desa Cibereum, Kecamatan Cugenang. Proses pengerjaan sumur bor dilakukan selama sepuluh hari lengkap dengan instalasi air dan dua tandon besar 1000 liter sebagai penampung air.

“Alhamdulillah sudah keluar airnya. Debit airnya cukup besar, ” kata Fikri Haikal Koordinator Tim II KKN-T Peduli Cianjur.

Selain menyerahkan bantuan sumur bor, mahasiswa KKN-T Undip, juga menyerahkan hasil kerja mereka yakni program tiga Taman Baca Undip Ceria bagi warga Cibereum. Ketiga taman baca ceria terletak di RT 02 RW 01, RT 01 RW 06 dan juga di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Delima RT 04 RW 04.

“Taman baca ini sangat bermanfaat bagi warga kami,” Ucap Kepala Desa Cibereum, Asep Nahdoh, yang disampaikan pada saat acara penarikan mahasiswa KKN-T Undip Peduli Cianjur yang berlangsung di Masjid Jami’ Al Falah dan terhubung secara langsung melalui Zoom Meeting dengan Ketua LPPM Undip dari Gedung LPPM Undip, Tembalang Semarang.

Menurut Furqaan Hanafi, mahasiswa KKN-T lainnya, keberadaan Taman Baca Undip Ceria telah dilengkapi dengan ratusan buku bacaan terutama untuk kalangan anak-anak SD dan PAUD serta bacaan edukatif lainnya tentang perntanian, dan peternakan. KKN-T Peduli Cianjur berlangsung selama satu bulan.

Para mahasiswa bermukim di rumah warga dan melakukan kegiatan KKN lainnya, seperti menyerahkan bantuan paket sembako, serta mendukung aksi IKPI Peduli Korban Bencana Cianjur yang juga dihadiri oleh Bupati Cianjur Herman Suherman.

Selain membangun tiga taman baca dan sumur bor, mahasiswa KKN-T Undip juga aktif mengajar membaca Al-Qur’an di tenda pengungsian warga. Kegiatan ini dilakukan selepas sholat Magrib.

“Kami sangat berterima kasih kepada kakak-kakak Undip yang telah memberikan segenap pikiran dan tenaga untuk membantu kami, anak-anak kami sangat senang bisa belajar bersama kakak-kakak mahasiwa, bahkan anak-anak kami menangis sedih saat mahasiswa Undip akan pulang, Kami berharap apa yang telah dibangun oleh KKN-T Undip bermanfaat bagi masyarakat Desa Cibeureum,” ujar Asep Parmana salah satu warga Desa Cibeureum. she 

Written by Jatengdaily.com

Wakili Indonesia, Olivia Tan Juara 3 Kontes Kecantikan International Miss Charm 2023

Dua WNI Yang Hilang Pascagempa Turki dan Ditemukan Meninggal Berasal dari Lombok dan Bali