in

Prodi PPKN FISIP Unnes Bangun Karakter Mahasiswa Melalui Mata Kuliah PGMK

Serah terima jabatan Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan (PGMK) Sangga Kerja Garuda 4 kepada Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan (PGMK) Sangga Kerja Garuda 5 telah dilaksanakan, Jumat, 8 September 2023, di ruang Padepokan Karakter C4 FISIP Unnes.Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Serah terima jabatan Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan (PGMK) Sangga Kerja Garuda 4 kepada Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan (PGMK) Sangga Kerja Garuda 5 telah dilaksanakan, Jumat, 8 September 2023, di ruang Padepokan Karakter C4 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang.

Serah terima jabatan ini dihadiri Koordinator Prodi PPKn, Andi Suhardiyanto, S.Pd, M.Si dan jajaran dosen PGMK, yaitu Drs. Tijan, M.Si, Noorochmat Isdaryanto, S.S., M.Si, dan Natal Kristiono, S.Pd., M.H.

Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan memiliki tujuan untuk mencetak calon-calon oembina generasi muda dan kepramukaan yang berkarakter dan memiliki jiwa Pancasila.

Dalam serah terima jabatan yang telah dilaksanakan terdapat beberapa pesan dari jajaran mengenai Pendidikan Generasi Muda dan Kepramukaan.

Drs. Tijan, M.Si. selaku Koordinator Dosen PGMK menyampaikan bahwa “PGMK ini merupakan salah satu ciri khas dari prodi kita Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang membedakan prodi kita dengan prodi yang lain. Teknik-teknik kepramukaan harus tetap ditekankan pada generasi muda di zaman sekarang. Ketika di prodi ini kita sudah terdapat mata kuliah PGMK maka, diharapkan mahasiswa PPKn dapat meneruskan untuk ikut berpartisipasi aktif dalam UKM Pramuka Unnes.”

Sedangkan Andi Suhardiyanto, S.Pd, M.Si selaku koordinator prodi PPKn dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mahasiswa PPKn setelah kita mendapatkan mata kuliah PGMK ini pasti nantinya akan sangat bermanfaat pada dunia setelah kita lulus. Karena keahlian berpramuka ini sangat penting ditanamkan pada masa sekarang.

Melalui mata Kuliah PGMK mahasiswa dilatih karakternya menjadi mahasiswa yang berkepribadian prigle,mandiri, giat dan kompeten.

Sementara itu Agni Rizqiawan selaku ketua PGMK Garuda 4 juga mengatakan bahwa Mata Kuliah PGMK ini merupakan mata kuliah wajib bagi kita yang sudah mengambil prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sehingga terkait kurikulum yang akan dipaparkan harus konsultasi serta berkoordinasi dan berkomunikasi penuh dengan dosen pengampu.

PGMK hadir di lingkungan Prodi PPKn dan dijadikan sebagai tempat belajar dan beproses menjadi calon Pembina generasi muda dan kepramukaan yang berkarakter dan berjiwa Pancasila.

“Dilihat dari RPS yang ada, PGMK menjadi mata kuliah teori dan praktik, dimana selain dilakukan perkuliahan indoor di kelas, juga dilakukan kegiatan praktik kepramukaan yang dilaksanakan setiap Sabtu pagi,” demikian sebagaimana disampaikan oleh  Natal Kristiono,S.Pd.,M.H pada saat perkuliahan.St

Written by Jatengdaily.com

PSIS Pinjamkan Brandon Scheunemann ke Persipura Jayapura untuk Tambah Jam Terbang

Pilkada Butuh Dana Cadangan