in

Atasi Kekeringan di Blora, PLN Alirkan Air Bersih dari Hutan ke Rumah Warga

PLN atasi kekeringan di Blora lewat Program TJSL Desa Nglobo Mandiri Air Bersih. Foto: dok

BLORA (Jatengdaily.com)- Melalui Program TJSL Desa Nglobo Mandiri Air Bersih, PLN bangun sumber air di tengah hutan jati wilayah kesatuan pemangku hutan Cepu yang terletak di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora dan mengalirkannya ke rumah-rumah warga Blora, Senin (10/6/2024).

Sehingga kekhawatiran soal air bersih tak perlu lagi dirasakan warga Desa Nglobo saat memasuki bulan-bulan kemarau. Melalui progam TJSL Desa Nglobo Mandiri Air Bersih, PLN membangun sumber air baru dengan metode pengeboran artesis sedalam 60 meter lengkap dengan sarana distribusi dan sanitasi air bersih.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, Firdaus M. Nur yang turut hadir dalam acara Kick Off TJSL Kamis (6/6/2024) mengatakan, program Desa Nglobo Mandiri Air Bersih ini berangkat dari masalah kekeringan yang kerap melanda warga Desa Nglobo, khususnya pada saat musim kemarau.

”Memasuki bulan-bulan kemarau seperti saat ini, air bersih yang ada tidak cukup untuk digunakan seluruh warga Desa Nglobo, sehingga ini perlu kita perkuat lagi dengan membangun sumber dan sarana distribusi air sampai ke rumah-rumah,” terang Firdaus.

Ia menambahkan, cakupan dari program ini salah satunya adalah melakukan pengeboran ulang di titik dengan sumber air lebih besar yang berada ditengah hutan jati wilayah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Cepu hingga kedalaman mencapai 60 meter. Selain itu, program ini juga dilengkapi dengan pembuatan saluran distribusi air dari sumber air bersih yang berada ditengah hutan jati ke rumah-rumah warga, pembangunan tandon air dengan kapasitas 48.000 liter, pompa air dengan daya dorong yang besar serta pembangunan sarana dan prasarana MCK.

”Melalui program ini, kami harapkan kebutuhan warga Desa Nglobo akan sanitasi air bersih, sebagai kebutuhan dasar semua mahkluk hidup, akan tercukupi,” tambah Firdaus.

Sementara itu, Ketua Pengelola Air Bersih sekaligus lokal hero setempat, Eko Hadi Puntasan mengatakan, sumber air yang baru ini nantinya akan dapat memasok kebutuhan air bersih untuk 200 kepala keluarga di Desa Nglobo, yang artinya naik 4 kali lipat dari sumber air yang sudah ada.

”Insya Allah, setelah seluruh pembangunan sarana prasarana air bersih ini selesai pada September nanti, warga Desa Nglobo tidak akan lagi merasa khawatir kekurangan air bersih apabila musim kemarau tiba. Terpenuhinya kebutuhan dasar ini tentunya akan mendatangkan harapan-harapan yang lebih besar tentang peningkatan kualitas hidup, kualitas kesehatan bahkan harapan untuk mengembangkan perekonomian di berbagai sektor,” terang Eko.

Kepada Desa Nglobo, Pudikharto S.ST, menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada PLN atas program TJSL penyediaan sarana air bersih di wilayah Desa Nglobo. Ia berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal untuk pemenuhan kebutuhan air bersih yang selama ini menjadi keterbatasan masyarakat di Desa Nglobo.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN UIT JBT, Tejo Wihardiyono menyampaikan, implementasi program ini menjadi bukti nyata komitmen PLN dalam melaksanakan program pemerintah melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

”Disamping tugas utama menyediakan pasokan listrik yang andal untuk seluruh lapisan masyarakat, PLN juga turut berpartisipasi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan, sejalan dengan cita-cita pemerintah. Air bersih dan sanitasi yang layak adalah kebutuhan dasar manusia. Melalui program ini, PLN telah mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ke enam yakni memastikan masyarakat memiliki akses universal terhadap air bersih dan sanitasi serta memastikan ketersediaan dan manajeman air bersih yang berkelanjutan,” pungkas Tejo Wihardiyono. she

Written by Jatengdaily.com

Indonesia Siap Tampil Habis-habisan Melawan Filipina Nanti Malam

Ratusan Kades Resmi Menjabat selama Delapan Tahun