in ,

Hari Kesaktian Pancasila 2024: Meneguhkan Komitmen Menuju Indonesia Emas 2045

Oleh: Dr. Gatot Wijayanto, SE., M.Si., CIAR., CSEA., CBPA

HARI Kesaktian Pancasila merupakan momen penting bagi Bangsa Indonesia untuk merenungkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional. Pada tahun 2024, Hari Kesaktian Pancasila dijadikan sebagai momentum untuk meneguhkan komitmen dalam menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan utama dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Disamping itu, perayaan Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi panggung untuk menyuarakan tekad dan semangat dalam menuju Indonesia Emas 2045, sebuah visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera.

Pancasila, sebagai falsafah dan ideologi dasar negara Indonesia, memiliki lima sila yang menjadi landasan utama bangsa Indonesia. Sila-sila tersebut mencakup Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, serta Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dengan mengamalkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, diharapkan dapat tercapai kehidupan bermasyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Perayaan Hari Kesaktian Pancasila setiap tahunnya dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan sejarah dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang keras demi kemerdekaan dan keutuhan NKRI. Melalui perayaan ini, generasi muda diharapkan dapat lebih memahami dan menghargai jasa para pahlawan, serta meneladani semangat juang mereka dalam menjaga keutuhan negara. Dengan demikian, generasi penerus dapat menjadi agen perubahan yang turut mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

Indonesia Emas 2045 merupakan visi besar yang diusung oleh pemerintah dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera pada tahun 2045, atau tepatnya 100 tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Visi tersebut mencakup berbagai aspek pembangunan, seperti ekonomi yang kuat dan berkelanjutan, pendidikan yang berkualitas dan merata, kesejahteraan sosial yang merata, serta keberlanjutan lingkungan yang lestari. Untuk mencapai Indonesia Emas 2045, dibutuhkan komitmen dan kerja keras dari seluruh elemen masyarakat, baik dari pemerintah maupun dari rakyat sendiri.

Dalam menjalankan komitmen menuju Indonesia Emas 2045, nilai-nilai Pancasila memegang peranan yang sangat penting. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia tidak hanya sekedar menjadi simbol persatuan dan kesatuan, tetapi juga sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, diharapkan Indonesia dapat menjadi negara yang adil, makmur, dan sejahtera sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045.

Selain itu, dalam merayakan Hari Kesaktian Pancasila 2024, kita juga perlu mengingat bahwa perjuangan untuk menjaga nilai-nilai Pancasila tidaklah mudah.

Tantangan dan hambatan dalam menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila selalu ada, baik dari dalam maupun dari luar. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah preventif dan proaktif dalam menghadapi tantangan tersebut, seperti meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, memperkuat kerjasama antarinstansi dan antarmasyarakat, serta menggalang dukungan bersama untuk memperkuat komitmen dalam menjaga dan mempertahankan Pancasila.

Dalam konteks globalisasi dan modernisasi yang semakin berkembang pesat, menjaga eksistensi dan relevansi nilai-nilai Pancasila menjadi semakin penting. Pancasila bukanlah sekadar ideologi kuno yang terpaku pada masa lampau, tetapi sebagai landasan yang relevan dan dapat diimplementasikan dalam menjawab berbagai tantangan dan perubahan zaman. Dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila, Indonesia dapat melangkah maju sebagai negara yang berdaulat, mandiri, dan sejahtera.

Secara kesimpulan, Hari Kesaktian Pancasila 2024 merupakan momen yang tepat untuk meneguhkan komitmen dalam menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan utama dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan mengamalkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, serta melalui komitmen dan kerja keras menuju Indonesia Emas 2045, Indonesia dapat menjadi negara yang maju, adil, makmur, dan sejahtera sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa. Semoga perayaan Hari Kesaktian Pancasila 2024 dapat menginspirasi generasi muda untuk terus berjuang dalam menjaga dan memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera. Selamat Hari Kesaktian Pancasila!  Jatengdaily.com-she

Penulis, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau

Written by Jatengdaily.com

Didampingi Gibran, Wapres Tinjau Layanan Fast Track Haji di Boyolali

Hindari Makanan Gorengan Berlebihan, Ini Resep Mbah Ngatemi Calhaj Jateng Tertua Berusia 99 Tahun