in ,

KPPN Purworejo-Stakeholder Sinergi Implementasi Digital Payment

DALAM  rangka modernisasi pembayaran dalam pelaksanaan APBN, pemerintah mendorong proses pembayaran melalui digital payment yang meliputi implementasi CMS, KKP, dan Digipaysatu. Untuk meningkatkan sinergi antara KPPN, satker mitra kerja, dan stakeholder pendukung lainnya, KPPN Purworejo mengadakan rangkaian acara Stakeholder Day dengan tema “Sinergi Bersama dalam Mendukung Implementasi Digital Payment”. Hal ini seiring dengan penguatan dan pengembangan peran KPPN melalui Standardisasi Kegiatan Manajemen KPPN.

Sebagai tindak lanjut atas dukungan implementasi cashless society yang merupakan konsep ekonomi di mana seluruh transaksi keuangan dilakukan dengan instrumen pembayaran non-tunai, KPPN Purworejo senantiasi melakukan pendekatan dan monitoring melalui berbagai kegiatan baik Stakeholder Day dengan mengajak satker mitra kerja melakukan penandatangan komitmen bersama implementasi CMS, KKP, dan Digipaysatu.

Fenomena Cashless Society merupakan perubahan yang awalnya konvensional menjadi moderat dengan adanya teknologi. Salah satunya yaitu pergeseran kebiasaan bertransaksi masyarakat Indonesia yang awalnya secara tunai, kini menjadi cashless. Adanya perkembangan teknologi juga tentunya dapat memudahkan masyarakat dalam berbagai hal, seperti berbelanja secara online di marketplace dapat dilakukan dimanapun hanya dengan smartphone saja.

Ini juga dapat membantu berbagai sektor usaha, seperti perusahaan marketplace, UMKM, hingga jasa pengiriman. Direktorat Jenderal Perbendaharaan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara sebagai kantor vertikal di daerah terus mendukung program digitalisasi pembayaran, dukungan UMKM, Pembayaran Ulta mikro. KPPN Purworejo dalam hal ini menggandeng Kementerian Agama dan UMKM dalam pengurusan sertifikasi halal.
Di samping sosialisasi secara berkelanjutan kepada stakeholder mitra melalui acara Ngopi Sore (Ngobrol Perbendaharaan dan Aplikasi Sore Hari), dukungan pembinaan dan pendampingan saat implementasi CMS, KKP, dan Digipaysatu.

Cash Management System (CMS) adalah sistem aplikasi dan informasi yang menyediakan informasi saldo, transfer antar rekening, pembayaran penerimaan negara dan utilitas, maupun fasilitas-fasilitas lain dalam pelaksanaan transaksi perbankan secara realtime online. Modernisasi sistem pembayaran APBN menjadi hal mutlak yang harus dilakukan Pemerintah.

Di sisi lain, terdapat beberapa faktor yang menjadi pendorong percepatan (akselerasi) modernisasi sistem pembayaran APBN melalui penerapan pembangunan Cashless Society di tingkat Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga (Satker K/L). Diantaranya, nilai pembayaran Uang Persediaan yang relatif besar, digitalisasi pengelolaan APBN, belum optimalnya budaya pembayaran belanja APBN dengan nontunai, melaksanakan amanat Peraturan Perundang-undangan, serta manfaat/tujuan dari CMS dan KKP.

KPPN yang sekaligus sebagai representasi Kementerian Keuangan dan Kuasa BUN di daerah memegang peran penting dan strategis dalam penerapan pembangunan Cashless Society di tingkat Satker K/L melalui penggunaan CMS dan KKP. KPPN berfungsi sebagai garda terdepan dalam mengawal, mensosialisasikan, mendorong, dan mengimplementasikan kebijakan penggunaan CMS dan KKP bagi Seluruh Satker K/L sesuai dengan ketentuan dalam PMK Nomor 183/PMK.05/2019 tentang Pengelolaan Rekening Pengeluaran Milik K/L dan PMK Nomor 196/PMK.05/2018 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan KKP jo. PMK Nomor 97/PMK.05/2021.

Dari sisi pemberdayaan UMKM, konsep pemberdayaan UMKM di daerah perlu mengikuti rantai nilai yang diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah produk pada setiap tahapan dari awal hingga akhir. Dengan pemberdayaan berbasis rantai nilai, dapat menjangka UMKM semua terlibat tidak hanya satu atau dua UMKM. Untuk mendukung marketplace pada Kementerian Keuangan dikembangkan Digipaysatu, sehingga belanja pemerintah semakin mudah.

Digipaysatu melengkapi gap yang tidak difasilitasi marketplace popular dengan mengubah mindset, pola kerja dan cara pembayaran konvensional menjadi digital. Keunikan Digipaysatu membuatnya berbeda dengan marketplace popular. Digipaysatu kemenkeu mengintegrasikan aktiviatas pembelian barang/jasa, pembayaran digital, dan perpajakan dalam satu ekosistem. Pembayaran oleh bendahara hanya bisa dilakukan setelah barang/jasa diterima satuan kerja pemerintah. Kolaborasi sector publik dan privat dalam satu ekosistem digital belanja Uang Persediaan dan Pemberdayaan UMKM.

Vendor tidak dikenakan biaya, potongan komisi maupun biaya lainnya oleh penyedia platform. Efisiensi waktu dan biaya karena seluruh transaksi dilakukan secara on line. Digipay mengubah mindset, pola kerja dan cara pembayaran dari konvensional menjadi digital, baik di sisi satker maupun di sisi vendor. Pembayaran hanya bisa dilakukan secara digital KKP dan CMS VA, tanpa opsi pembayaran cash. Proses bisnis yang dikembangkan mampu mengurangi penggunaan kertas secara maksimal.

Membangun komitmen dan sinergi bersama dengan berbagai Stakeholder mitra kerja harus terus dijaga dan ditingkatkan baik pada tahapan jangka pendek, maupun jangka panjang. Sehingga, capaian kinerja organisasi khususnya terkait peningkatan penggunaan CMS,KKP, dan Digipaysatu yang sudah dicapai, dapat terus dipertahankan bahkan terus ditingkatan menjadi lebih baik lagi. Diharapkan Pemerintah, Bank Indonesia, dan Pihak Perbankan berperan aktif dalam mendukung dan mendorong terciptanya Cashless Society pada Tingkat Satker K/L sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing.

KPPN Purworejo sebagai salah satu instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan akan terus melakukan sosialisasi baik kepada Satuan Kerja Mitra, Kerjasama dengan perbankan dan pendekatan kepada pelaku UMKM. Target ekosistem ini, tentunya untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi kedepannya.

Penulis: Ngatiman (Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Penyelia pada KPPN Purworejo)-yds

Written by Jatengdaily.com

Sosialisasi P4GN, Wujudkan TNI AU Ampuh Bersih dari Narkoba

PLN Icon Plus Hadir Dalam Pesona Nusantara di Candi Prambanan