in

Taruna Akpol Bersihkan Sekolah Dasar Pasca Banjir di Demak

Puluhan Taruna Akpol saat berkerja bakti membersihkan bagian-bagian sekolah yang tertutup lumpur pasca-banjir. Foto: sari

DEMAK (Jatengdaily.com) – Pasca banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan, Korps Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) melaksanakan bakti sosial membersihkan sejumlah SD di Karanganyar, Selasa (02/04/2024). Menyusul masih banyaknya sekolah di wilayah tersebut yang tertutup lumpur dan sampah, sehingga siswa belum dapat belajar di kelas.

Bakti sosial pembersihan tempat pasca banjir oleh Taruna Akpol dilakukan di SD Negeri 1 dan 2 Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Gubernur Akpol Irjen Pol Krisno H Siregar mengatakan, jika tidak dibantu pembersihannya maka dikhawatirkan proses belajar mengajar harus diliburkan lebih lama lagi.

“Hal itu tentunya akan sangat merugikan siswa, karena mereka menjadi tertinggal pelajaran. Maka itu tujuan diselenggarakannya baksos ini untuk membantu mempercepat proses belajar mengajar pasca banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebanyak 150 siswa Akpol diterjunkan dalam kegiatan itu. Pembersihan sekolah selain dilakukan oleh Kepolisian juga dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Kabupaten Demak.

“Kami dibantu oleh Damkar dan BPBD Demak untuk membersihkan sekolah. Fokus kami membersihkan sisa lumpur di dalam ruangan kelas, serta membersihkan meja dan kursi agar bersih seperti sediakala,” imbuhnya.

Selain menggelar baksos bersih – bersih sekolah, lanjut Krisno, pihaknya juga menyalurkan 500 paket bahan pangan kepada warga terdampak banjir di Desa Wonorejo.

“Ada paket bansos berisi beras, roti, mi instan dan sirup untuk dibagikan kepada warga terdampak banjir disini. Semoga bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban hidup warga setempat,” ungkapnya.

Disampaikan pula, tujuan lain diadakannya baksos yakni melatih Taruna Akpol agar tumbuh jiwa kepemimpinan. Di samping memiliki rasa empati terhadap masyarakat yang terdampak bencana alam.

“Kami berharap siswa yang kami didik nantinya akan menjadi seorang pemimpin yang mempunyai rasa empati terhadap sesama. Dengan begitu institusi Polri semakin dicintai masyarakat,” pungkasnya. rie-she

Written by Jatengdaily.com

Andil Sebabkan Banjir, Sampah Turut Dibahas di Musrenbangkab Demak

Sambut Ramadan dan Idul Fitri, Smartfren Perkuat Jaringan dan Berikan Promo Kuota Besar bagi Pemudik