in

Tingkatkan Wisatawan, Jawa Tengah Garap Gerakan Ramah Wisata

Ilustrasi. Objek Wisata Bukit Sidoguro di Klaten. Foto: Pemkab Klaten

SEMARANG (Jatengdaily.com)-  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk membuat gerakan ramah wisata sebagai salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng, Agung Hariyadi mengatakan, tujuannya untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng kemampuan sadar wisata tidak hanya dimiliki kelompok, tetapi harus diupayakan di tingkat masyarakat.

Agung Hariyadi juga menilai hospitality atau praktik memberikan layanan yang ramah dan menyenangkan kepada tamu atau pengunjung sangat penting, sehingga perlu dibudayakan.

“Kami mengajak untuk bisa merumuskan gagasan tersebut sehingga nantinya perlu dipilih daerah atau kabupaten/kota yang layak dinobatkan sebagai kota ramah wisata. Karena dari di situlah kunci keberhasilan kita, sehingga pelibatan masyarakat sangat penting sekali,” ujarnya dilansir dari laman humas polri, Selasa (21/5/2024).

Selain itu, Agung Hariyadi menambahkan bahwa pengembangan potensi wisata di suatu wilayah tidak harus berpusat di satu tempat atau satu kawasan saja, potensi lain juga perlu dikembangkan, terutama budaya yang cukup kaya sekali di Jateng.

Apalagi, hampir 80 persen potensi wisata yang berkembang di Jateng merupakan di bidang budaya.

Selain itu, minat wisatawan juga didominasi bidang budaya, sehingga perlu dioptimalkan untuk menjadi potensi wisata unggulan.

“Kalau bicara pengembangan pariwisata ada strateginya, yakni 3A (Attraction, Amenity, dan Accessibility). Kemudian branding, advertising, dan selling,” tutupnya. she 

Written by Jatengdaily.com

Presiden Jokowi Tunjukan Konservasi Mangrove pada Kepala Negara dan Delegasi KTT WWF

Upacara Peringatan Harkitnas 2024 di Undip Menarik, Ada Hadiah Kambingnya