Habib Luthfi Raih Doktor Honoris Causa dari Unnes

Habib Luthfi mendapat ucapan selamat setelah meraih Doktor Honoris Causa dari Unnes. Foto: adri


SEMARANG (Jatengdaily.com) – Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali Bin Yahya mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), Senin (9/11/2020). Pemberian gelar tersebut, karena dianggap sudah berkontribusi meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan melalui seni berdakwahnya yang menyejukkan.

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman mengatakan apa yang telah dilakukan Habib Luthfi selama ini bisa mendamaikan suasana, dengan memperkuat nilai-nilai kebhinekaan bangsa Indonesia.

“Konsep yang beliau sampaikan merupakan ilmuwan dengan menggunakan seni komunikasi berdakwah yang menggabungkan tiga pilar mengandung pemberdayaan umat antara lain agama, kebangsaan dan pertumbuhan ekonomi. Ini perlu dijadikan suri tauladan dalam melakukan komunikasi dakwah di masyarakat,” kata Fathur Rokhman, usai pemberian gelar honoris causa di Auditorium Unnes, Senin (9/11/2020).

Dia menyebut proses pengkajian pemberian doktor kehormatan bidang komunikasi dakwah dan sejarah sudah sejak tahun 2017 lalu setelah mendapat penghargaan konservasi dari Unnes. Kemudian beliau bersedia komitmen dan melakukan dialog antar promotor.

“Total enam bulan melakukan melakukan kajian, dan saya terharu beliau berkenan mendapat kehormatan dari Unnes dan tokoh sufi luar biasa,” jelasnya.

Menurutnya, bahwa Habib Luthfi punya gaya komunikasi yang mampu menarik perhatian umat muslim dari berbagai penjuru negeri lantaran tutur katanya yang natural dan elegan.

“Gaya dakwah dan pola berpikir beliau saya pikir sangat out of the box dari kebanyakan orang. Ini menjadi pembeda dari para ulama dan habib yang lain. Beliau punya kharismatik sendiri saat berdakwah,” tuturnya. adri-yds