Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik perwira TNI-Polri di Istana Merdeka. Foto: Setpres

JAKARTA (Jatengdaily.com)  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik perwira TNI-Polri di Istana Merdeka. Pelantikan perwira TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira di Istana Merdeka dan diikuti secara virtual di Akmil, AAU, AAL, dan Akpol itu disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut dilantik 227 perwira remaja lulusan Akademi Militer, 101 perwira remaja lulusan Akademi Angkatan Laut, dan 91 perwira remaja Akademi Angkatan Udara.

Presiden juga melantik 281 perwira remaja lulusan Akademi Kepolisian. Pelantikan dimulai dengan pembacaan surat keputusan presiden terkait pengangkatan perwira TNI-Polri.

Setelah itu dibacakan mengenai surat keputusan presiden terkait pengangkatan perwira TNI-Polri. Selanjutnya, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah perwakilan perwira TNI-Polri. Pengambilan sumpah dilakukan sesuai dengan agama masing-masing.

“Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji/bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UU Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh perwira TNI-Polri.

“Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa,” lanjut petikan sumpah perwira TNI-Polri.

Adapun tercatat empat peraih Adhi Makayasa atau penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan kepolisian.

Mereka adalah Septian Haryono Pasaribu sebagai Adhi Makayasa dari Akademi Militer, Always Giving Hamonangan Tiris Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut, Abdul Muis, Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Udara dan Hary Indradjati, Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian. She