Prosesi Sumpah dokter baru FK Unissula. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung  (Unissula) Semarang Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF mengatakan, dokter baru lulusan FK Unissula sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam ikut serta penanganan pandemi Covid-19.

Dalam suasana darurat corona saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sangat membutuhkan tenaga medis untuk ditempatkan di sejumlah rumah sakit (RS) Covid-19. Para dokter baru ini, menjadi bagian garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19, khususnya dalam kondisi yang kritis.

‘’Sebanyak 119 dokter baru  FK Unissula ini, akan segera menjalani internship atau magang untuk ditempatkan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 yang ada di Jawa Tengah (Jateng), yakni di Asrama Haji Donohudan Surakarta dan Balai Diklat Srondol, Semarang,’’ jelasnya, saat memimpin sumpah dokter baru Fakultas Kedokteran (FK) Unissula, Sabtu (24/7/2021).

Menurutnya, periode ini sebanyak 119 dokter baru  kami ini sangat dibutuhkan oleh Kemenkes. Mereka para dokter baru segera diproses i internship dan ditempatkan di Rumah Sakit  Darurat covid,’’ jelasnya.

Mereka akan menjalani magang di RS Darurat Covid selama Sembilan bulan. ‘’Untuk para dokter baru yang akan segera bertugas,  kami minta untuk selalu menjaga kesehatan, sebab yang ditangani adalah pasien dalam kondisi kritis, jika tidak kritis, pasien Covid-19 kan menjalani isolasi mandiri di rumah,’’ katanya.

Dalam kesempatan ini sebanyak  119 dokter baru yang diluluskan FK Unissula, diambil sumpahnya dalam  sumpah dokter FK Unissula ke 118 periode 2. Sedangkan sampai saat ini, tercatat sebanyak 5.622 dokter yang telah diluluskan oleh FK Unissula.

Penyerahan ijazah dilakukan secar simbolis kepada perwakilan dokter yang hadir secara luring. Sumpah Dokter ini dilaksanakan dengan mengacu protokol kesehatan khususnya pencegahan penyebaran Covid-19 sangat ketat.

Hanya 6 perwakilan dokter baru yang disumpah secara offline di gedung Dekanat FK Unissula kampus Kaligawe. Sedangkan pejabat yang hadir langsung di tempat meliputi Dekan, Ketua Senat serta Wakil Dekan I dan II sementara dokter baru lainnya mengikuti sumpah dokter melalui online zoom.

“Alhamdulilah FK Unissula termasuk yang terakreditasi A dengan animo calon mahasiswa yang mendaftar sangat tinggi,’’ jelasnya.  She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here