in

Planologi Unissula Visi 10 Tahun Ke Depan

Suasana rapat kerja di Planologi Unissula. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Program Studi (prodi) S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) selenggarakan rapat kerja (Raker) pada tanggal 26 Januari 2024 dan bertempat di gedung lantai 2 Fakultas Teknik UNISSULA, Jl. Kaligawe KM4 Semarang.

Raker dipimpin oleh Bobi Rahman, S.T., M.T. kandidat doktor perencanaan wilayah dan kota UNDIP yang juga sekretaris prodi. Beliau menyampaikan beberapa agenda raker yang akan dibahas, meliputi: evaluasi visi dan misi prodi PWK sampai tahun 2034, evaluasi kurikulum S1 PWK, pembukaan prodi baru Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (MPWK) dan penyelenggaraan international conference.

Raker ini diselenggarakan berbarengan dengan perayaan milad program studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) yang ditandai dengan pemotongan kue tart yang berlilin angka 26 tahun (14 Januari 1998 – 2024) oleh Dr. Mila Karmilah, S.T., M.T. yang selanjutnya diserahkan kepada Dekan Fakultas Teknik Dr. Abdul Rochim, S.T., M.T.

Kemudian Dr. Mila Karmilah, S.T., M.T sebagai kaprodi dalam sambutan pembukaan menyampaikan “saat ini prodi S1 PWK atau yang dikenal dengan Prodi S1 Planologi telah berhasil meraih akreditasi Unggul dari BAN PT.

Dengan hampir terpenuhinya indikator capaian program studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Unissula, maka perlu dirancang visi baru untuk 10 tahun ke depan.

Visi sebelumnya telah mengantar pada capaian: Pertama, prestasi program studi PWK yang terakreditasi “Unggul”. Kedua, sebaran alumni di dunia kerja berskala nasional hingga internasional. Ketiga, dosen berprestasi dengan penghargaan Internasional pada forum akademis. Keempat, sebaran peminat yang masuk menjadi mahasiswa PWK hampir seluruh provinsi di Indonesia, terang Mila kepada jatengdaily.com.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Dr. Abdul Rochim, S.T., M.T. memberikan apresiasi atas diselenggaraannya raker prodi PWK ini. Beliau berpesan agar prodi PWK terus melakukan upaya-upaya terobosan guna meningkatkan peringkat dan masuk sebagai prodi yang berkelas dunia dan terakreditasi secara internasional.

Kemudian, diharapkan pula agar dosen melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dengan mempertimbangkan link and match antara kegiatan-kegiatan di kampus dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat, baik dalam hal pembelajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Raker PWK diikuti oleh beberapa dosen yang berkompeten sesuai dengan bidangnya, antara lain: Dr. Mila Karmilah, S.T., M.T., Dr. Ir. Mohammad Agung Ridlo, M.T., Ir. Tjoek Suroso Hadi,M.T., Ir. Eppy Yuliani, M.T., Dr. Jamilla Kautsary, S.T., M.T., Hasti Widyasamratri, S.Si, M.Eng, Ph.D., Bobi Rahman, S.T., M.T., Agus Rochani, S.T., M.T., Ardiana Yuli Puspitasari, S.T., M.T. dan Abied Rizky Putra Muttaqien, S.T., M.T., MWPK. serta staf administrasi Adika, S.H.

Rumusan visi Prodi PWK FT UNISSULA sampai 10 tahun mendatang, terdapat dua kata kunci utama. Pertama, pengembangan ilmu berdasarkan nilai-nilai Islam, dalam Islam sudah mengatur semua sendi kehidupan, mufassir Ibn Abshur menyebutkan bahwa dalam Islam Ilmu Tata Kota termasuk pada kelas ilmu yang tinggi karena terkait dengan kemaslahatan orang banyak. Kedua, memantap posisi Prodi PWK FT UNISSULA untuk lebih terkemuka di tingkat internasional dan bersaing secara global.

Selain itu Ir. Tjoek Suroso Hadi, M.T. memberi masukan pada evaluasi kurikulum Prodi Perencanaan wilayah dan kota yang termasuk rumpun physical Planning, bahwa: “kurikulum PWK perlu mewadahi dan memadukan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, social engineering maupun ilmu sosial dan humaniora.

Hal tersebut penting diberikan pada mahasiswa dengan harapan mereka dapat memahami aspek kehidupan manusia pada suatu wilayah baik matra darat maupun matra laut. Perkuliahan atau kegiatan pembelajaran juga dapat diberikan secara internal di kampus maupun eksternal di lapangan (luar kampus)” ungkap Tjoek.
Selanjutnya Dr. Ir. Mohammad Agung Ridlo,M.T. sebagai ketua tim pembukaan MPWK FT UNISSULA menyampaikan pada raker bahwa “Universitas Islam Sultan Agung juga telah mendapat rekomendasi dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tertanggal 15 Januari 2024, mengenai penambahan program studi akademik untuk membuka Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, sehingga perlu adanya rekruitmen dosen baru untuk prodi S1 PWK FT UNISSULA agar supaya tercukupi jumlah ideal dosen di prodi sesuai aturan nisbah dosen sesuai ketentuan dikti.”, terang Agung Ridlo kepada jatengdaily.com.

Dirancang pula pada tahun 2025 PWK FT UNISSULA akan menyelenggarakan international conference bekerja sama dengan International Islamic Univeristy Malaysia (IIUM). Disepakati dalam forum raker ditunjuk sebagai ketua dalam penyelenggaraan international conference adalah Hasti Widyasamratri, S.Si, M.Eng, Ph.D.

“Kegiatan ini akan menjadi wadah diskusi akademis tingkat internasional dengan mengusung tema perubahan iklim, pembangunan infrastruktur dan perumahan permukiman. International conference akan melibatkan narasumber dari berbagai negara dari benua asia, afrika, eropa dan amerika, dengan harapan akan diperoleh gambaran permasalahan, solusi dan kebijakan yang diterapkan di masing-masing negara,” pungkas Agung Ridlo yang juga humas prodi PWK FT UNISSULA mengakhiri perbincangan.St

Written by Jatengdaily.com

Cek Kesiapan Operasi Ketupat, Kakorlantas Tinjau Tol Fungsional Solo-Yogya

DKJT Apresiasi Pergelaran Seni Awal Tahun di Pura Girinatha