in ,

Sekolah Vokasi Undip Kuatkan Kerjasama di Bidang Kemaritiman dan Logistik

Dekan Sekolah Vokasi Undip Prof Dr Ir Budiyono MSi. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)-Sebagai salah satu upaya perwujudan pencapaian indikator standar pencapaian kinerja, Sekolah Vokasi (SV) Universitas Diponegoro (Undip) terus melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT) di seluruh Indonesia.

Salah satunya, yang baru-baru ini yang telah dilakukan adalah dengan melakukan penandatangan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Maritim AMNI (UNIMAR AMNI) Semarang.

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berupa penelitian, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang kemaritiman khususnya.

”Kerjasama ini dilakukan Sekolah Vokasi Undip sesuai dengan tekad kami untuk selalu mengabdi, berkontribusi, meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan melahirkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di dunia industri,” jelasnya, Selasa (5/3/2024).

Menurut Prof Budiyono, kerjasama Sekolah Vokasi Undip dengan UNIMAR AMNI, misalnya diterapkan pada Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan (D4) Manajeman dan Administrasi Logistik dan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan. Dua prodi tersebut, berkaitan dengan kemaritiman dan logistik yang ada hubungannya dengan UNIMART AMNI sebagai kampus yang konsen mencetak tenaga kemaritiman.

Bagi mahasiswa lewat kerjasama ini nantinya bisa memberikan pemahaman mendalam tentang industri logistik modern, khususnya dalam bidang jasa pengiriman barang besar, kargo, pengiriman internasional, dan transportasi terintegrasi, serta kemaritiman lainnya.

Selain itu juga menyangkut pelatihan dan training dan perolehan sertifikasi di bidang kemaritiman. Hal ini mengingat UNIMAR AMNI memiliki sembilan pelatihan yang sudah diakui Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

”Kerjasama ini merupakan langkah signifikan dalam pendidikan praktis para mahasiswa di bidang manajemen dan administrasi logistik, mengintegrasikan teori dengan pengalaman lapangan dan mendukung misi perguruan tinggi dalam menyediakan pendidikan yang relevan dan berorientasi pada industri. Kerjasama dilakukan oleh kita, untuk saling mengisi dan meningkatkan sumber daya yang ada, bukan untuk saling bersaing,” jelas Prof Budiyono.  she 

 

Written by Jatengdaily.com

Ormas yang Melakukan Sweeping Saat Ramadhan Bakal Ditindak Tegas

SIG Raih Best Paper Award di Ajang Riset Sustainability Kelas Dunia ICSEEA 2024